Lihat Melintasnya Asteroid 1998 OR2 Secara Daring Yuk!

Info Astronomy - Asteroid 1998 OR2, yang dikabarkan akan menabrak Bumi hari ini (29/4), sebenarnya hanya akan melintas dekat Bumi pada jarak 6 juta kilometer saja. Dan tahukah kamu? Kita bisa melihat sang asteroid secara daring, lho!

Asteroid 1998 OR2 memiliki diameter yang diperkirakan sekitar 1,8 hingga 4,1 kilometer. Pada diameter itu, asteroid ini akan cukup terang pada titik terdekatnya dengan Bumi. Hal itu pun memungkinkan Virtual Telescope Project yang berbasis di Roma, Italia untuk mengamati asteorid ini melalui instrumen pengamatannya dan menyiarkannya secara langsung di internet.

Dengan begitu, kita berkesempatan ikut bergabung untuk melihat pergerakan asteroid tersebut juga nih, yang bisa dilakukan selama masa-masa di rumah saja seperti sekarang ini.
Titik terdekat yang akan dicapai asteroid ini dari Bumi sendiri akan terjadi pada 29 April 2020 sekitar pukul 16.56 WIB. Beberapa observatorium di seluruh dunia juga sudah mempersiapkan diri untuk mengarahkan teleskop mereka ke asteroid ini.

Meski begitu, menurut informasi pada situs webnya, Virtual Telescope Project baru akan melakukan siaran langsung daring terhadap asteroid ini pada 30 April 2020 pukul 01.30 WIB. Dan untuk bisa menikmati siaran langsung ini, kita bisa langsung mengunjungi virtualtelescope.eu/webtv

Waspada selalu terhadap hoaks ya. Asteroid 1998 OR2 ini orbitnya sudah dipelajari dengan baik kok. Untuk setidaknya 200 tahun ke depan, asteroid ini tidak akan pernah berpapasan langsung dengan Bumi. Pendekatan terdekatnya ke Bumi pada abad ini bahkan sebenarnya bukan pada 29 April 2020, melainkan pada tahun 2079 mendatang, ketika ia akan mencapai jarak sekitar empat kali jarak Bumi-Bulan, jarak yang masih relatif jauh dari Bumi.

Selamat "mengamati" asteroid!
BERIKAN KOMENTAR ()