Terjadi 8 Tahun Sekali, Yuk Amati Konjungsi Venus-Pleiades Senja Ini!

Info Astronomy - Kalau cuaca senja ini cerah, sempatkan untuk melihat ke arah barat ya. Kamu bisa menemukan planet Venus yang tampak sangat dekat dengan gugus bintang Pleiades. Fenomena ini terjadi 8 tahun sekali, lho!

Dalam astronomi, fenomena ini dikenal sebagai konjungsi. Planet Venus, yang belakangan ini muncul seperti bintang paliiiiiing terang di langit barat jika diamati lewat mata telanjang selepas Matahari terbenam, akan bertemu dengan Pleiades, gugus bintang paling terang yang bisa diamati dari Bumi.

Untukmu yang belum tahu, Pleiades adalah gugus bintang di rasi bintang Taurus. Gugus bintang berbeda dengan rasi bintang ya. Sebuah gugus bintang tidak terlihat seperti satu bintang saja, tetapi bintang-bintang yang tampak berkerumun.

Venus dan Pleiades pada konjungsi kali ini akan tampak begitu dekat, yakni hanya 0°15' satu sama lain. Eits, kedekatan mereka ini hanya dalam pandangan dari Bumi saja ya. Kenyataannya, jarak Venus masih relatif lebih dekat dari Bumi, yakni rata-rata 41 juta km. Sementara Pleiades berjarak lebih jauh, sekitar 444,2 tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,4 triliun km).

Untuk mengamati konjungsi Venus dan Pleiades ini, amatilah langit barat mulai pukul 18.30 waktu setempat daerahmu. Keduanya akan berada setinggi 28° di atas cakrawala barat. Pasangan kosmis ini bisa terus diamati selama 2 jam 46 menit setelah Matahari terbenam, atau tepatnya pada pukul 20.40 waktu setempat daerahmu.
Dalam momen konjungsi ini, Venus akan bersinar degan magnitudo visual -4,4, sementara gugus bintang Pleiades atau yang dikatalogkan juga sebagai M45 itu akan bersinar dengan magnitudo visual 1,3. Dengan kata lain, Venus akan lebih terang daripada Pleiades.

Kami merekomendasikan penggunaan teleskop untuk melihat fenomena yang satu ini. Nantinya, kamu bisa melihat Venus dan Pleiades dalam satu bidang pandang. Meski begitu, mereka tetap bisa diamati dengan mata telanjang kok, walaupun Venus hanya akan tampak seperti bintang kuning terang saja dan Pleiades akan sedikit lebih redup, kalah terang dari Venus.

Salah satu teleskop yang kami rekomendasikan untuk melihat konjungsi Venus dan Pleiades ini adalah Celestron PowerSeeker 70EQ atau Celestron PowerSeeker 80EQ. Sepanjang April 2020 ini, kedua teleskop tersebut diskon 20% yang bisa kamu beli di InfoAstronomyStore.com.
Yuk tetap #NgamatDiRumahAja. Semoga cuaca cerah senja ini ya!
BERIKAN KOMENTAR ()