Seberapa Jauh Pluto dari Bumi?

Info Astronomy - Objek langit yang paling fenomenal dalam beberapa tahun terakhir tidak diragukan lagi adalah mantan planet tata surya kita, Pluto. Sejak istilah "planet" didefinisikan ulang oleh International Astronomical Union (IAU), Pluto turun kasta menjadi "planet kerdil".

Namun, penurunan status ini tidak menghalangi cinta orang-orang terhadap Pluto. Bahkan, Kepala NASA Jim Bridenstine pernah berkata, "Asal tahu saja, dalam pandangan saya, Pluto masih sebuah planet."

Terlepas dari istilah planet atau planet kerdil, yang akan dibahas kali ini adalah, seberapa jauh jarak Pluto dari Bumi. Tapi sebelumnya, mari kita kenalan dulu dengan si Pluto ini.

Space.com mencatat, Pluto adalah planet kerdil terbesar yang pernah ditemukan. Pada permukaannya, teramati adanya pegunungan berbatu dan memiliki atmosfer berlapis-lapis yang terdiri dari karbon monoksida, metana, dan nitrogen.

Sebagian besar permukaan Pluto dilapisi oleh es nitrogen beku, dengan pengamatan baru-baru ini yang dilakukan oleh wahana antariksa New Horizons mengklaim bahwa Pluto juga memiliki lautan air dalam bentuk cair di bawah Sputnik Planitia, area berbentuk hati di permukaan Pluto.
Selain itu, salah satu hal yang unik dari Pluto adalah, ia memiliki bulan yang berjumlah lima, yakni masing-masing bernama Charon, Kerberos, Styx, Hydra, dan Nix. Padahal, planet sebesar Bumi hanya punya satu.

Di tata surya kita, Pluto adalah objek langit terbesar ke-9 dan paling masif ke-10. Volumenya diketahui hanya 1/3 volume Bulan yang mengelilingi Bumi kita, sementara massanya 20 kali lebih kecil daripada massa Merkurius.

Penemuan Pluto sendiri dilakukan oleh astronom Clyde Tombaugh pada tahun 1930. Ia menjadi objek langit pertama yang ditemukan di Sabuk Kuiper, area berbentuk cincin yang mengelilingi Matahari di luar orbit Neptunus.

Seberapa Jauh dari Bumi?

Pluto membutuhkan 248 tahun Bumi untuk sekali orbit mengelilingi Matahari. Saking lamanya waktu yang diperlukan Pluto untuk revolusi ini, menurut LiveScience.com, sejak ditemukan tahun 1930, Pluto baru akan berhasil sekali mengelilingi Matahari pada tahun 2178 mendatang.

Karena orbitnya yang tidak melingkar sempurna, Pluto bisa berjarak 4,78 miliar kilometer dari Bumi di titik terdekatnya dan 7,5 miliar kilometer dari Bumi pada jarak terjauhnya. Oke, ini mungkin jarak yang sulit kamu bayangkan. Sebagai perbandingan, Matahari berdiameter 1,3 juta km, itu artinya kita bisa memuat 5.400 Matahari dalam jarak terjauh antara Bumi ke Pluto. Jarak tersebut juga 40 kali lebih besar dari jarak antara Bumi ke Matahari.

Itu baru jaraknya dari Bumi, bagaimana dari Matahari? Pada jarak terdekatnya, yang dikenal sebagai perihelion, jaraknya dari Matahari mencapai 5,9 miliar kilometer. Sementara saat di jarak terjauhnya, yang dikenal sebagai aphelion, jaraknya mencapai 7,3 miliar kilometer.

Pada jarak itu, cahaya dari Matahari membutuhkan waktu sekitar 5,5 jam untuk melakukan perjalanan ke Pluto. Sementara dari Bumi, cahaya butuh waktu 4,6 jam. Jika suatu hari nanti manusia bisa mendarat di Pluto, akan butuh 4,6 jam untuk mengirimi mereka pesan dari Bumi dan kita harus menunggu 4,6 jam lagi untuk menerima pesan balasan dari mereka.

Itulah seberapa jauh Pluto dari Bumi. I love you to Pluto and back.
BERIKAN KOMENTAR ()