5 Kegiatan Astronomi di Rumah Selama Pencegahan COVID-19

Info Astronomy - Demi pencegahan penyebaran COVID-19 yang lebih besar, ada baiknya kita mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak perlu, apa lagi yang berkaitan dengan berkumpulnya banyak orang. Nah, biar tidak bosan selama di rumah, ada 5 kegiatan astronomi yang bisa kamu lakukan, nih!

Apa saja, sih, 5 kegiatan astronomi yang bisa dilakukan itu? Simak yuk.

Bantu Cari Planet Asing

Siapa bilang hanya astronom profesional yang bisa menemukan planet asing? Kita sebagai astronom amatir juga bisa kok ikut berkontribusi dalam pencarian planet-planet ekstrasurya yang mengitari bintang selain Matahari.

Kamu dapat membantu para astronom di seluruh dunia dengan menjadi Citizen Scientist secara daring lewat sebuah wadah bernama Zooniverse.
Berdiri sejak tahun 2007 sebagai situs web untuk mengklasifikasikan galaksi, Zooniverse kini telah berkembang ke segala bidang sains. Khusus untuk luar angkasa dan astronomi, di Zooniverse ini kamu bahkan tidak cuma bisa membantu menemukan planet asing, tetapi juga dapat membantu menemukan dan mengidentifikasi lubang hitam supermasif dengan Radio Galaxy Zoo.

Menariknya, kalau kamu berhasil membantu menemukan planet asing di Zooniverse, kamu akan memiliki hak untuk menamai planet asing temuanmu itu, lho!

Pengamatan dengan Teleskop

Tidak perlu keluar rumah untuk melakukan kegiatan ini, kamu bisa menggunakan teleskop di balkon lantai dua rumahmu atau di pekarangan rumah. Ada banyak banget benda langit yang bisa diamati lewat teleskop, mulai dari Bulan, planet-planet, gugus bintang, nebula, sampai galaksi-galaksi tetangga.

Eits, tapi tergantung teleskopnya ya. Kalau kamu belum memiliki teleskop dan berniat membelinya, kami merekomendasikan teleskop Celestron PowerSeeker 70EQ untuk pemula. Selain penggunaannya mudah, teleskop ini sudah cukup untuk mengamati banyak benda-benda langit.

Kami juga menyarankan untukmu menggunakan aplikasi peta langit saat mau pengamatan. Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu kamu menemukan letak benda-benda langit yang ingin diamati, jadi kamu bisa lebih mudah membedakan benda-benda langitnya. Ada banyak pilihan aplikasi ini seperti Stellarium, Star Chart, Sky Maps. Bahkan ada juga yang versi desktop di sini: Stellarium-web.org.

Menemukan Satelit Melintasi Langit

Tidak punya teleskop? Masih ada kegiatan seru lainnya di rumah yang bisa kamu lakukan yang berhubungan dengan pengamatan: mengamati satelit!

Iya, ada banyak banget satelit yang mengitari Bumi kita. Beberapa di antaranya cukup terang, lho, untuk diamati dengan mata telanjang sebagai "bintang" yang berjalan pelan di langit, salah satunya adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kunjungi situs web Heavens Above untuk mencari tahu kapan Stasiun Luar Angkasa Internasional melintasi langit atas halaman rumah kamu, serta satelit lainnya yang bisa terlihat seperti Teleskop Antariksa Hubble. Ditambah lagi, satelit Starlink SpaceX dijadwalkan diluncurkan pada 16 Maret 2020 ini setelah kemarin delay.

Baca Buku Astronomi

Untuk yang suka membaca buku, tentu pilihan ini bisa jadi pilihan yang menarik. Di Indonesia sudah banyak kok buku-buku astronomi yang sudah diterjemahkan dan sangat menarik dibaca.

Berikut beberapa buku rekomendasi kami:
Selain tetap aman karena berada di dalam rumah, membaca buku juga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai sains dan astronomi.

Ikut Kompetisi Menulis Astronomi

Jago nulis? Ini saatnya kamu buktikan kemampuanmu. InfoAstronomy.org dan BelajarAstro mengadakan Kompetisi Menulis BelajarAstro 2020 yang berhadiah 1 unit Teleskop Celestron Travel Scope 50 untuk juara pertama, lho!

Kompetisi menulis ini dibuka untuk umum segala rentang usia dengan tema Supernova, Planet Asing, atau Galaksi Satelit (peserta bebas memilih salah satunya saja). Kompetisi dibuka di situs web BelajarAstro dan berlangsung dari 16 Maret sampai dengan 15 April 2020.

Untuk informasi syarat, ketentuan, dan cara ikutan Kompetisi Menulis BelajarAstro 2020 ini, kamu bisa baca di sini ya: https://belajarastro.my.id/kompetisi

Nah, itulah 5 kegiatan astronomi di rumah yang bisa kamu lakukan selama masa-masa pencegahan merebaknya COVID-19. Tetap produktif sekaligus jaga kesehatan ya!