Tidak Ada Asteroid Apapun Menuju Bumi Hari Ini, 15 Februari 2020

Info Astronomy - Kalau kamu terbiasa hanya membaca artikel dari judulnya saja, maka kami buatkan judul yang sudah menjelaskan isi artikel ini. Belum jelas? Biar kami ulang dengan sedikit parafrasa: Bumi aman dari asteroid hari ini, 15 Februari 2020.

Memang benar asteroid 2002 PZ39 akan melintas di sekitar orbit Bumi pada 15 Februari 2020 ini. Tapi, haruskah kita khawatir tentang kemungkinan risiko tabrakan asteroid tersebut dengan planet kita? Tidak perlu.

Media-media arus utama pencari klik, beserta selebtwit dan selebgram pencari eksposur, kemarin ramai-ramai memberitakan bahwa ada "asteroid raksasa baru yang berada di ambang tabrakan dengan Bumi". Faktanya, asteroid ini tidak akan menimbulkan bahaya secuil pun pada Bumi.

Dalam astronomi, asteroid dikelompokkan dalam berbagai jenis. Untuk 2002 PZ39, ia diklasifikasikan sebagai NEO (Near Earth-Object atau "Objek Dekat Bumi") oleh NASA. Itu berarti, orbitnya dalam mengelilingi Matahari bisa berada dekat dengan planet kita. Nah, yang perlu dicatat adalah, "dekat" di sini adalah dalam skala kosmis, bukan dekat seperti dari Stasiun KA Bandara Sudirman ke Stasiun Karet.
Asteroid 2002 PZ39 sendiri pertama kali diamati pada tahun 1995. Menurut Center for Near Earth-Objects (CNEOS), lembaga khusus dan resmi yang bertugas menghitung orbit objek-objek dekat Bumi, asteroid ini akan mendekati Bumi pada 15 Februari 2020.

Seberapa dekat? Kira-kira 0,03860 AU, atau lebih dari 5.700.000 kilometer, setara dengan 15 kali jarak bolak balik dari Bumi ke Bulan. Kami ulangi ya, jarak asteroid ini dari Bumi adalah sekitar lima juta tujuh ratus ribu kilometer.

Dalam skala jarak kosmis, ini memang jarak yang dekat. Tapi pada dasarnya, itu adalah jarak yang masih sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat jauh dari Bumi. Dengan begitu, asteroid ini akan lewat begitu saja, tidak akan mampir ke Bumi, sebesar apapun diameter doi.

Yang lebih berbahaya daripada asteroid saat ini sebenarnya adalah Coronavirus. Dan yang jauh lebih berbahaya dari Coronavirus adalah virus hoaks, berita bohong termasuk yang mengatakan ada asteroid yang akan menabrak Bumi hari ini.