Hipernova, Ledakan Bintang yang Lebih Besar dari Supernova

Hipernova
Info Astronomy - Bila supernova saja bisa membuat cahaya bintang mencapai puncak kecerahan yang setara dengan cahaya gabungan seluruh bintang di galaksi, ada satu peristiwa lagi yang jauh lebih besar dari itu: hipernova.

Pernah dengar istilah ini sebelumnya? "Hipernova merupakan ledakan bintang paling kuat di alam semesta kita," kata P. Daniel Wang, seorang astrofisikawan di Universitas Northwestern, dikutip dari laman Imagine the Universe NASA.

Hipernova mengeluarkan energi yang jauh lebih kuat daripada supernova, ledakan spektakuler dari bintang yang bermassa minimum 8 kali lebih masif dari Matahari kita itu. Menurut pengamatan para astronom, hipernova dapat menghasilkan energi 100 kali lebih banyak daripada supernova.

Lalu, apa yang menyebabkan hipernova bisa terjadi? Sayangnya, para astronom belum begitu yakin pada titik ini. Sejauh ini, para astronom mempelajari hipernova melalui NGC 5417B dan MF83, yang keduanya merupakan sisa-sisa hipernova yang terletak di galaksi spiral terdekat M101.
Hipernova

Bagaimana Bintang Bisa Mati?

Tidak ada yang abadi di alam semesta, bahkan bintang pun bisa mati. Bintang mati ketika mereka kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi nuklir di inti mereka. Kematian bintang juga berbeda-beda sesuai dengan seberapa besar massanya.

Bintang-bintang terkecil, yang dikenal sebagai kerdil merah, membakar bahan bakar dalam fusi nuklir dalam kala waktu yang begitu lambat, sehingga mereka mungkin bisa hidup sampai 100 miliar tahun, yang jauh lebih tua daripada usia alam semesta kita saat ini (itulah mengapa kita belum melihat bagaimana kematian bintang kerdil merah).

Di dekat Bumi kita, ada satu bintang kerdil merah, yakni Proxima Centauri yang berjarak sekitar 4,2 tahun cahaya. Proxima Centauri begitu redup, ia bahkan tidak teramati dari Bumi dengan mata telanjang walaupun menjadi bintang terdekat.

Baca Juga: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Tata Surya Kita

Ada pula bintang yang berukuran rata-rata (massanya setara massa Matahari hingga sekitar 1,4 kali massa Matahari). Untuk bintang-bintang jenis ini, yang dijuluki sebagai kerdil kuning, proses kematiannya tidak akan meledak dalam supernova.

Ketika inti bintang berukuran rata-rata kehabisan bahan bakar hidrogennya, mereka akan mulai berkontraksi akibat tarikan gravitasinya sendiri. Saat inti berkontraksi, ia akan mulai memanas di bawah tekanan yang meningkat. Hal itu menyebabkan lapisan atas mengembang, sehingga membuat bintang kerdil kuning tadi menjadi bintang raksasa merah.

Pada fase raksasa merah, inti bintang memanas kembali, menyebabkan helium mulai berfusi menjadi karbon. Ketika bahan bakar helium habis, inti bintang raksasa merah tadi akan mengembang dan menurun suhunya. Hal tersebut pun memicu pelepasan lapisan terluar bintang sebagai nebula planeter, sementara bagian intinya akan mendingin menjadi kerdil putih.

Lalu, bintang apa yang bisa menjadi supernova? Supernova muncul ketika bintang yang benar-benar masif (setidaknya 8 kali lebih besar massanya dari Matahari kita), kehabisan bahan bakar hidrogennya, yang mana pada saat itu terjadi permukaan terluar bintang akan membengkak menjadi bintang super raksasa merah dan mulai berfusi helium, karbon, lalu elemen-elemen berat lainnya hingga mencapai besi.