Ulasan: Lihat Andromeda dengan Celestron PowerSeeker 70EQ

Info Astronomy - Sebelum memutuskan untuk membeli teleskop, kamu mungkin adalah orang yang memiliki 1001 pertanyaan tentang teleskopnya. Entah itu bagaimana spesifikasinya, apa teleskop yang cocok untuk pemula, dan apa saja yang nantinya bisa diamati teleskopnya.

Di artikel kali ini, kami akan mengulas teleskop dari pabrikan Celestron, produsen teleskop terbaik saat ini dipasaran menurut kami. Tim InfoAstronomy.org sendiri menggunakan teleskop jenis ini untuk pengamatan benda-benda langit.

Jadi, apakah teleskop ini bagus? Tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Walau begitu, kalau kami ditanya teleskop apa yang cocok untuk pemula yang mau mengamati benda-benda langit dengan puas, teleskop inilah jawabannya.

Kelebihan

Kita bahas kelebihannya dulu deh. PowerSeeker 70EQ adalah teleskop refraktor -- teleskop yang menggunakan lensa untuk mengumpulkan cahaya dari benda langit yang diamati -- dengan aperture lensa objektif selebar 70mm dan panjang fokus 700mm.

Kata "EQ" sendiri memiliki kepanjangan Equatorial, yakni jenis dudukan atau mounting teleskop yang memiliki kontrol gerakan lambat untuk pergerakan halus dalam mengarahkan ke benda langit. Dengan teleskop ini, kamu bisa melihat Bulan, planet-planet tetangga, bahkan galaksi dan nebula dengan pandangan yang cukup jernih.

Iya, dengan eyepiece 20mm-nya, kamu bisa melihat hingga galaksi Andromeda asalkan kamu tahu letak galaksinya, cuaca cerah, dan lokasi pengamatan minim polusi cahaya.
Dalam paket teleskop ini, kamu juga akan mendapatkan sebuah lensa Barlow, yang fungsinya untuk menaikkan magnifikasi pandangan hingga 3 kali lipat sehingga hasil pengamatan bisa lebih baik. Satu hal yang membuatnya cocok untuk pemula adalah, perakitan teleskop ini sangat sederhana sehingga pengguna yang mungkin belum pernah menggunakan teleskop sama sekali tetap bisa menggunakannya dengan cepat dan mudah.

Kekurangan

Sekarang, kita bahas kekurangannya. Karena ini adalah teleskop yang cocok untuk pemula, hal itu membuat teleskop ini mungkin tidak cukup memuaskan untuk orang yang mencari teleskop dengan kualitas optik yang lebih tinggi dari ini.

Walaupun pandangan melalui teleskop PowerSeeker 70EQ bisa mencapai galaksi Andromeda dengan jelas dan indah, batas magnifikasi tertingginya adalah 175x saja dengan eyepiece 4mm-nya. Hal ini tentu belum cukup memuaskan untuk pengamatan planet, misalnya Saturnus, yang tampak memiliki diameter sudut yang kecil saat diamati.

Meski begitu, PowerSeeker 70EQ bisa diandalkan kok untuk pengamatan benda langit jauh, seperti Nebula Kepala Kuda (IC 434) misalnya.
Menurut kami yang sudah menggunakan teleskop ini lebih dari 3 tahun, Celestron PowerSeeker 70EQ adalah teleskop berkualitas tinggi dan efektif yang memiliki potensi untuk mengubah siapa pun yang menggunakannya menjadi astronom amatir yang memiliki keterampilan yang baik dalam pengamatan benda langit.

Mau beli teleskopnya? Kamu bisa mendapatkan teleskop Celestron PowerSeeker 70EQ di InfoAstronomy Store. Klik gambar di bawah ini ya: