Bagaimana Astronom Tahu Bagian Dalam Matahari?

Matahari mengandung hidrogen, helium, karbon, nitrgen, oksigen, dan unsur-unsur berat lainnya. Tapi, bagaimana unsur-unsur ini bisa diketahui? Siapa yang sudah pergi jauh-jauh ke Matahari?
Info Astronomy - Tanpa Matahari, kehidupan tidak akan mungkin ada di Bumi. Eits, ini bukan pernyataan, tetapi fakta, dan kita semua harus menyadarinya. Matahari telah mengikat seluruh tata surya bersama-sama selama miliaran tahun. Kita bisa belajar banyak mengenai alam semesta berkat Matahari. Meski demikian, kita rupanya baru tahu sedikit tentang bintang terdekat Bumi ini.

Ketika sedang bersantai di pantai sambil melihat Matahari terbenam, mungkin sangat jarang kita bertanya-tanya seperti apa bagian dalam dari bola plasma yang besar itu. Nah, jika kamu ingin tahu tentang interior Matahari, artikel ini akan membahasnya.

Komposisi Kimiawi Matahari

Dikutip dari Space.com, Matahari merupakan bola raksasa gas panas dan bercahaya. Dalam komposisi kimiawinya, Matahari terdiri dari dua gas utama, yakni Hidrogen, yang terdiri dari sekitar 71% massa Matahari, dan Helium, yang membentuk sekitar 27,1% massa Matahari.

Sementara itu, ada pula Karbon, Nitrogen, dan Oksigen yang ditemukan di dalam interior Matahari dengan jumlah gabungan sekitar 1,5% dari total massanya. Lalu, sisa 0,5% terdiri dari unsur-unsur seperti Silikon, Magnesium, Neon, Besi, Sulfur, dan logam berat lainnya.

Baca Juga: Mengapa Bintang Bisa Berusia Miliaran Tahun?

Lapisan-lapisan Matahari

Para astronom telah mempelajari Matahari dalam beberapa cara, termasuk melalui teleskop dan satelit berbasis darat, untuk memperoleh informasi tentangnya sebanyak mungkin. Agar lebih sederhana, para astronom membagi Matahari menjadi enam lapisan utama.
Dari keenam lapisan Matahari, fotosfer merupakan lapisan terdalam yang bisa kita amati secara langsung dari Bumi. Lalu, kromosfer adalah lapisan berikutnya dari Matahari dan merupakan sumber munculnya solar flare (suar matahari). Lapisan berikutnya adalah korona, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi dapat dilihat menggunakan teleskop koronagraf.

Inti adalah wilayah terdalam pada Matahari, di mana semua energi yang kita terima selama ini dihasilkan melalui reaksi nuklir di bagian tersebut. Bagian inti kaya akan hidrogen dan helium. Ada pula zona radiasi yang terletak di antara inti dan zona konveksi, yang dipenuhi oleh sinar kosmis dan foton yang dipenuhi energi. Lalu zona konveksi membentang dari kedalaman sekitar 200.000 km hingga permukaan yang terlihat, di zona inilah foton terbentuk.

Bagaimana Komposisi Matahari Diketahui?

Tidak, kita tidak perlu repot-repot mengunjungi Matahari untuk mengetahui komposisinya. Karena kalau hal itu dilakukan, sama sama seperti misi bunuh diri mengingat Matahari begitu panas sehingga kita bisa terbakar ketika tiba di sana.