112 Bintang dan Planet Asing Dinamai, Ada Nama dari Indonesia

Info Astronomy - Dalam peringatan ulang tahun ke-100 tahunnya, International Astronomical Union (IAU) baru-baru ini menjalankan sebuah kampanye bertajuk NameExoWorld, di mana ada total 780.000 orang di seluruh dunia yang berpartisipasi memberi nama planet asing dan bintang induknya.

Kampanye NameExoWorld sendiri bukan hal baru, karena sebelumnya sempat diadakan juga pada tahun 2015 ketika 31 planet asing yang mengitari bintang selain Matahari diberi nama. Di tahun 2019 ini, IAU ingin kampanye tersebut lebih besar, sehingga mereka melibatkan lebih banyak negara.

Hal itu pun terwujud. Sebanyak 112 negara berpartisipasi, termasuk Indonesia, dalam kampanye NameExoWorld tahun ini. Secara keseluruhan, ada total 360.000 nama yang diusulkan, dengan nama-nama pemenang meraih total 420.000 suara.

Dalam kampanye ini, IAU sempat memiliki aturan tersendiri dalam pemberian nama bagi bintang dan planet asing. Aturan-aturan tersebut di antara lain adalah semua bintang yang dinamai harus terlihat dengan teleskop kecil dari negara di mana nama diberikan; semua planet asing yang dinamai adalah planet raksasa gas dengan berat antara sepersepuluh hingga 10 kali massa Jupiter; dan setiap negara hanya boleh memberikan sepasang nama untuk bintang dan planet asing yang mengitarinya.