Seberapa Besar Planet Jupiter?

Info Astronomy - Kami yakin deh, kamu pasti sudah pernah mendengar atau membaca bahwa Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Tetapi, sudah tahu belum seberapa besar sih sebenarnya planet Jupiter itu?

Dalam hal ukuran, Jupiter memiliki diameter yang mencapai sekitar 142.984 kilometer di ekuatornya. Jika kita membandingkan diameter Jupiter dengan diameter Bumi, maka Jupiter 11,2 kali lebih besar daripada Bumi. Namun, kalau dibandingkan dengan Matahari, Jupiter hanya 10% lebih besar.

Hal besar lainnya pada Jupiter adalah volumenya, yang mencapai angka 1,43 × 10¹⁵ km³. Dengan kata lain, volume sebesar itu cukup untuk memasukkan 1.321 planet seukuran Bumi ke dalamnya, dengan masih ada beberapa ruang tersisa.

Baca Juga: Ada Berapa Planet sih di Tata Surya?

Walaupun tidak memiliki permukaan solid karena merupakan planet raksasa gas, atmosfer teratas Jupiter dianggap sebagai "permukaannya", yang mana bila dihitung maka luas permukaan Jupiter mencapai 6,21 × 10¹⁰ km². Sebagai perbandingan, luas permukaannya adalah 122 kali lebih luas dari pada luas permukaan Bumi.

Dan terakhir, massa Jupiter. Selain besar dalam hal ukuran, Jupiter juga planet paling masif se-tata surya kita. Menurut para astronom, massa Jupiter adalah 1,89 × 10²⁷ kg, atau sekitar 318 kali lebih berat daripada massa Bumi. Bahkan kalau dibandingkan dengan massa gabungan dari seluruh planet di tata surya, Jupiter masih 2,5 kali lebih besar!

Jupiter memang besar. Namun sayangnya, Jupiter belum mampu menjadi bintang. Setidaknya, perlu 80 kali massa Jupiter untuk dapat bersinar dalam proses reaksi fusi menjadi bintang.
BERIKAN KOMENTAR ()