Saksikan Detik-detik Sejajarnya Matahari-Merkurius-Bumi di sini!

Info Astronomy - Transit Merkurius, fenomena ketika Matahari-Merkurius-Bumi, akan terjadi hari ini, 11 November 2019. Sayangnya, fenomena tersebut terjadi saat Indonesia sudah malam hari. Kita tidak kebagian, tapi tetap bisa menyaksikannya kok.

Lho, sebentar, bagaimana caranya tuh bisa tetap menyaksikan?

Di era serba internet seperti sekarang ini, kita bisa menyaksikan transit Merkurius lewat... siaran langsung daring (live streaming). Beberapa observatorium di dunia menyelenggarakan penyiaran langsung itu, dan di mana pun kita berada -- selama terkoneksi internet -- kita bisa ikut nonton.

Sebelumnya, kita cari tahu dulu deh sedikit informasi tentang transit Merkurius ini.

Transit Terkahir Sebelum 2032
Setelah transit 11 November 2019 ini, Matahari-Merkurius-Bumi akan kembali benar-benar sejajar lagi pada 13 November 2032 mendatang. Walaupun Merkurius hanya butuh 88 hari untuk sekali mengelilingi Matahari, ia memiliki kemiringan sekitar 7 derajat terhadap ekliptika Bumi, sehingga tidak selalu benar-benar sejajar.

Dengan kemiringan itu, hanya ada 13 sampai 14 transit Merkurius saja dalam satu abad, di mana pada abad ke-21 ini ada 14 kali transit Merkurius.
Kalau kamu perhatikan peta visibilitas transit Merkurius di atas, terlihat bahwa titik terbaik untuk mengamati transit Merkurius ini adalah di langit Brasil. Sementara itu, Indonesia berada di titik terburuk. Saat transit mencapai puncaknya, Indonesia sudah tengah malam.

Transit Merkurius akan terjadi mulai pukul 19:35 WIB. Pada saat itu, Matahari sudah terbenam di Indonesia. Karena tujuannya adalah melihat Merkurius yang berjalan di depan Matahari, kita pun tidak bisa ikut mengamatinya.

Puncak transit Merkurius, ketika sang planet berada di tengah-tengah wajah Matahari, akan terjadi pukul 22:19 WIB. Transit Merkurius bisa terus diamati hingga kontak terakhir Merkurius dengan Matahari, yakni pukul 01:04 WIB pada 12 November 2019.

Saat transit Merkurius nantinya terjadi, diameter sudut Merkurius hanya akan muncul sekitar 1/194 kali diameter Matahari. Itu artinya, kenampakannya akan sangaaaaaat kecil bila diamati tanpa teleskop. Lagi lagi, pengamatan lewat siaran langsung daring adalah pilihan yang tepat, kan?

Mulailah nyalakan gawai kamu jam 19:00 WIB malam ini, kamu bisa nonton siaran langsung transit Merkurius di sini: infoastronomy.org/live
BERIKAN KOMENTAR ()