Panduan Pengamatan Planet Sepanjang November 2019

Info Astronomy - November adalah waktu terbaik untuk mengamati tiga planet paling terang di langit malam Bumi: Venus, Jupiter, dan Saturnus. Artikel ini akan memandu kamu dalam menemukan seluruh planetnya.

Tapi sebentar, sudah pernahkah kamu mencoba mengamati planet? Dalam pandangan mata telanjang, planet-planet tata surya hanya muncul bagaikan bintang yang cahayanya tidak berkelap-kelip dan jauh lebih terang daripada cahaya bintang sungguhan.

Hal itu terjadi karena walaupun ukuran planet besar-besar, jaraknya dari Bumi mencapai jutaan hingga miliaran kilometer. Jarak sejauh itu membuat diameter sudut (diameter kenampakannya di langit Bumi) menjadi begitu kecil.

Oh iya, planet-planet memang tidak memancarkan cahaya sendiri, mereka bisa teramati dari Bumi karena mereka disinari oleh Matahari. Dengan kata lain, saat kita melihat sebuah planet di langit, itu artinya kita sedang melihat sisi siang hari mereka. Nah, planet apa saja yang bisa diamati sepanjang November 2019 ini?

Planet Venus dan Jupiter

Pada November ini, planet Venus dan Jupiter akan bertemu. Di awal-awal November, mungkin masih sedikit sulit untuk menemukan Venus. Ia sudah mencapai ketinggian 15 derajat dari cakrawala barat pada pukul 18:00 sore, sehingga waktu pengamatannya tidak akan terlalu lama mengingat planet ini sudah berada di bawah 10 derajat pada pukul 18:30 sore.

Sementara itu, Jupiter berada lebih tinggi dari cakrawala barat, sekitar 30 derajat ketinggiannya pada pukul 18:30 sore. Pengamatan Jupiter pun akan lebih lama karena ia akan terbenam pada pukul 20:30 waktu setempat daerah kamu.

Walau begitu, memasuki pertengahan hingga akhir November, posisi mereka akan terbalik. Dalam gerak orbitnya mengelilingi Matahari, posisi Venus dari hari ke hari akan semakin tinggi dan tinggi, sementara Jupiter dari hari ke hari akan semakin rendah.

Sampai pada 24 November 2019, kedua planet ini bertemu.
Ya, pemandangan seperti di atas, dekatnya Venus dan Jupiter, bisa kita amati mulai Matahari terbenam pada tanggal 24 November 2019 mendatang. Sebaiknya langsung bikin jadwal di kalendermu deh, biar tidak ketinggalan peristiwa konjungsi yang menarik ini!

"Pertemuan" tersebut sebenarnya adalah pertemuan semu. Keduanya walaupun tampak bersebelahan, kenyataannya masih berjauhan. Karena yang terjadi sebenarnya adalah Venus dan Jupiter berada di arah pandangan yang sama saja dari Bumi, tetapi mereka masih di orbit masing-masing.

Sepanjang November ini, Venus akan lebih terang dibanding Jupiter. Untuk lebih bisa memastikan lagi mana Venus dan Jupiter, kamu bisa menggunakan teleskop. Jika saat kamu mengarahkan teleskop ke salah satu di antara mereka dan menampilkan adanya empat satelit alami yang mengelilinginya, maka itulah Jupiter.

Baca Juga: Mau Beli Teleskop Murah? Unduh InfoAstronomy Store App!

Planet Saturnus

November tampaknya akan menjadi saat-saat terakhir untuk mengamati Saturnus. Di awal-awal November, sang planet bercincin bisa diamati hingga pukul 10 malam waktu setempat daerahmu. Memasuki pertengahan hingga akhir November, Saturnus sudah akan terbenam menjelang pukul 9 malam waktu setempat daerahmu.

Kamu bisa, lho, memanfaatkan Jupiter sebagai pemandu kamu untuk menemukan Saturnus. Setelah kamu berhasil menemukan Jupiter, tengoklah beberapa derajat ke arah timurnya, maka kamu bisa melihat adanya Saturnus.

Saturnus tidak seterang Jupiter, tetapi ia masih jauh lebih terang daripada bintang-bintang sungguhan, bahkan lebih terang daripada Sirius yang merupakan bintang paling terang di langit malam. Kepalkan jari tanganmu, lalu luruskan lenganmu, Saturnus kira-kira dua kali lebar kepalan tangan di arah timur (atau di atas) Jupiter.

Ada dua kesempatan lain untuk bisa menemukan Saturnus yang mana kamu akan dibantu oleh Bulan untuk November ini. Pertama, pada 2 November 2019, amatilah langit barat dan cari Bulan sabit. Sekitar 1 derajat di sebelah  barat Bulan, Saturnus akan tampak seperti ini:
Lalu, kesempatan kedua akan terjadi pada akhir November, tepatnya pada tanggal 30 mendatang, ketika Bulan dan Saturnus hanya akan terpisah satu sama lain.

Nantinya, mereka akan teramati seperti ini:
Eits, kamu tidak akan bisa melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya ya jika hanya melakukan pengamatan dengan mata telanjang. Butuh teleskop dengan setidaknya 75x magnifikasi untuk bisa melihat cincin Saturnus yang megah.

Jadi, itulah panduan pengamatan planet sepanjang November 2019 ini. Ikuti InfoAstronomy.org di Instagram, Twitter, atau Facebook deh biar bisa mendapatkan informasi pengamatan menarik seperti ini. Selamat observasi ya!