Arrokoth, Nama Baru untuk Objek Sabuk Kuiper 2014 MU69

Info Astronomy - Masih ingat dengan objek Sabuk Kuiper yang dikatalogkan sebagai 2014 MU69? Sempat dikujungi oleh wahana antariksa nirawak New Horizons pada Januari 2019, kini objek tersebut telah memiliki nama resmi.

Tunggu, siapa yang memberinya nama? Dalam dunia astronomi internasional, ada sebuah lembaga yang berwenang dalam menamai objek-objek alam semesta. Mereka adalah International Astronomical Union (IAU).

Nama yang disetujui ini, Arrokoth, yang memiliki arti "langit" dalam bahasa Powhatan (bahasa penduduk asli Amerika), diusulkan oleh tim New Horizons ke IAU dan Minor Planet Center dengan persetujuan dari tetua dan perwakilan Suku Powhatan.

"Dengan bangga, kami menerima nama ini sebagai hadiah dari orang-orang Powhatan," kata Lori Glaze, direktur Divisi Sains Planet NASA. "Menganugerahkan nama Arrokoth menandakan kekuatan masyarakat Powhatan asli di wilayah Chesapeake. Warisan mereka akan terus menjadi cahaya penuntun bagi umat manusia dalam memahami tentang asal-usul alam semesta."