Planet Venus Mulai Kembali Terlihat di Langit Senja

Info Astronomy - Kalau kamu belakangan ini sudah melihat adanya objek seperti bintang yang posisinya rendah di atas cakrawala barat saat Matahari terbenam, yang kamu lihat itu kemungkinan besar adalah planet Venus!

Ya, setelah kenampakannya absen beberapa bulan terakhir di langit Bumi, planet paling terang akhirnya kembali.

Hilangnya Venus dalam pandangan dari Bumi sendiri disebabkan oleh posisinya yang terlalu dekat dengan Matahari. Dengan kata lain, Venus ada di "belakang" Matahari dalam pandangan dari Bumi kita. Peristiwa itu terjadi pada 14 Agustus kemarin, ketika Venus berada di titik konjungsi superior.

Kalau kamu masih bingung konjungsi superior itu apa, coba lihat gambar di bawah ini deh:
Dari gambar di atas, kita bisa lihat bahwa hanya planet dalam (Merkurius dan Venus) saja yang bisa berada pada titik konjungsi superior, titik di mana planet dalam berada segaris lurus bersama Matahari dan Bumi, dengan Matahari berada di tengah.

Sejak konjungsi superior itu, Venus tidak terlihat dari Bumi, ia terbit dan terbenam bersama Matahari. Namun, karena Venus melakukan gerak revolusi terhadap Matahari, ia pun perlahan-lahan menjauh dari Matahari. Hingga khirnya, mulai pekan ini, Venus akan kembali muncul sebagai "bintang senja" yang teramati di langit arah barat selepas Matahari terbenam.

Pada Senin malam (14/10), Venus akan mendapat ketinggian sekitar 18 derajat dari cakrawala barat tepat 40 menit setelah Matahari terbenam. Memang, sore ini masih cukup sulit untuk menemukan Venus. Tapi mulai tanggal 28 Oktober 2019 mendatang, visibilitas Venus akan meningkat, kita akan jauh lebih mudah untuk menemukannya.