Planet Venus Mulai Kembali Terlihat di Langit Senja

Info Astronomy - Kalau kamu belakangan ini sudah melihat adanya objek seperti bintang yang posisinya rendah di atas cakrawala barat saat Matahari terbenam, yang kamu lihat itu kemungkinan besar adalah planet Venus!

Ya, setelah kenampakannya absen beberapa bulan terakhir di langit Bumi, planet paling terang akhirnya kembali.

Hilangnya Venus dalam pandangan dari Bumi sendiri disebabkan oleh posisinya yang terlalu dekat dengan Matahari. Dengan kata lain, Venus ada di "belakang" Matahari dalam pandangan dari Bumi kita. Peristiwa itu terjadi pada 14 Agustus kemarin, ketika Venus berada di titik konjungsi superior.

Kalau kamu masih bingung konjungsi superior itu apa, coba lihat gambar di bawah ini deh:
Dari gambar di atas, kita bisa lihat bahwa hanya planet dalam (Merkurius dan Venus) saja yang bisa berada pada titik konjungsi superior, titik di mana planet dalam berada segaris lurus bersama Matahari dan Bumi, dengan Matahari berada di tengah.

Sejak konjungsi superior itu, Venus tidak terlihat dari Bumi, ia terbit dan terbenam bersama Matahari. Namun, karena Venus melakukan gerak revolusi terhadap Matahari, ia pun perlahan-lahan menjauh dari Matahari. Hingga khirnya, mulai pekan ini, Venus akan kembali muncul sebagai "bintang senja" yang teramati di langit arah barat selepas Matahari terbenam.

Pada Senin malam (14/10), Venus akan mendapat ketinggian sekitar 18 derajat dari cakrawala barat tepat 40 menit setelah Matahari terbenam. Memang, sore ini masih cukup sulit untuk menemukan Venus. Tapi mulai tanggal 28 Oktober 2019 mendatang, visibilitas Venus akan meningkat, kita akan jauh lebih mudah untuk menemukannya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengukur Sudut di Langit dengan Jari

Memasuki November nanti, Venus akan terus bergerak menjauh ke arah timur Matahari. Ia akan tampak bagai objek seperti bintang putih kekuningan paliiiiing terang dengan magnitudo -3,9, pada awal November mendatang.

Puncaknya adalah ketika Venus tiba di titik elongasi terjauhnya, atau titik di mana ia memiliki jarak sudut terbesar dari Matahari, yakni pada 24 Maret 2020. Pada momen itu, Venus akan mencapai ketinggian 46,1 derajat dari cakrawala barat saat Matahari terbenam.

Namun, waktu terbaik untuk melihat Venus sendiri baru terjadi pada 28 April 2020 mendatang. Pada masa itu, Venus akan muncul paling terang dalam setahun, magnitudonya akan mencapai -4,7. Venus akan sangat terang sehingga bahkan kamu dapat melihatnya dengan mata telanjang di langit sore yang masih biru.

Venus siap menemani senja kamu hingga berbulan-bulan ke depan. Agar pengamatanmu lebih maksimal, kamu bisa membeli teleskop di InfoAstronomy Store ya!
BERIKAN KOMENTAR ()