Akankah Kita Bisa Bermigrasi ke Planet Lain?

Info Astronomy - Ketika ada pengumuman penemuan planet asing, kadang ada saja pembaca InfoAstronomy.org yang bertanya seperti ini, "Untuk apa sih mencari dan meneliti planet asing? Memangnya kita akan berkunjung ke sana dan meninggalkan Bumi?"

Jawabannya bisa jadi "iya" di masa depan, tapi mungkin "tidak" untuk masa kini.

Menurut Michel Mayor, seorang astrofisikawan yang merupakan salah satu penerima Hadiah Nobel fisika tahun ini karena jasanya dalam menemukan planet asing pertama yang mengorbit bintang lain yang mirip seperti Matahari di luar tata surya kita pada tahun 1995 silam, manusia tidak akan pernah bisa bermigrasi ke planet asing.

Wah, penerima Nobel saja berpendapat seperti ini ya. Memangnya apa, sih, tantangan terbesar bagi manusia untuk bisa menjelajah planet asing?

Baca Juga: Apa Pentingnya Menemukan Planet Asing?

"Jika kita berbicara tentang planet asing, kita tidak bisa hanya berangkat dengan alasan, 'Oke, kita akan ke planet asing yang laik huni jika suatu hari kehidupan di Bumi tidak bisa berlanjut'," kata Mayor kepada Agence France-Presse (AFP).

Hampir seluruh planet asing yang telah ditemukan dan diketahui terletak pada jarak yang terlalu jauh untuk kita bisa melakukan perjalanan mengunjunginya. "Bahkan jika kita bisa sangat optimis mengenai adanya planet laik huni yang jaraknya tidak terlalu jauh, katakanlah beberapa tahun cahaya, waktu yang diperlukan untuk pergi ke sana masih memakan beberapa generasi," tambahnya.

Sampai artikel ini diterbitkan, sudah ada lebih dari 4.000 planet asing yang telah ditemukan mengitari bintang-bintang di seantero galaksi Bimasakti. Namun tampaknya, tidak ada satupun yang dapat dicapai dengan cepat karena jaraknya yang sangat jauh.

Stephen Kane, seorang profesor astrofisika di Universitas California, setuju dengan Mayor. "Kenyataan yang menyedihkan saat ini adalah bahwa, pada titik ini dalam sejarah manusia, semua bintang secara efektif berada pada jarak tak tergapai," kata Kane seperti dilansir Live Science. "Kita bahkan perlu berjuang sangat keras untuk mencapai Bulan."

Baca Juga: Berapa Lama Waktu untuk Mencapai Mars?

Menurut Kane, manusia mungkin baru bisa mendaratkan astronaut pertamanya ke Mars dalam 50 tahun ke depan, dan manusia kemungkinan baru berhasil sampai ke orbit Jupiter dalam beberapa abad mendatang. Karena jarak ke bintang terdekat di luar tata surya kita sekitar 70.000 kali lebih jauh daripada jarak ke Jupiter, butuh waktu yang lebih lama lagi agar bisa menjadi spesies antarbintang.

Sampai di sini, ketidaksetujuan kamu mungkin bergejolak. Kamu berpikiran tidak ada yang tidak mungkin. Dulu manusia bermimpi untuk bisa terbang, dan sekarang ada pesawat terbang yang bisa membawa manusia berpindah antarbenua. Namun, kasus ini berbeda.

Alam semesta begitu luas. Butuh pemahaman fisika yang besar untuk bisa mencapai bintang. Butuh revolusi dan inovasi besar dalam jangka waktu yang panjang sampai akhirnya kita bisa menjelajahi planet asing lain dengan sang kapten yang cukup memberi perintah, "Warp speed, Mr. Sulu.".

Mayor mengatakan, selayaknya kita harus menjaga planet kita karena masih bisa dihuni. Kita memang tidak akan dapat melakukan perjalanan ke bintang-bintang dalam waktu dekat. Tetapi, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kita bisa mencapai bintang-bintang dan menghuni planet-planet asing di luar sana.
BERIKAN KOMENTAR ()