5 Teleskop yang Mudah Digunakan untuk Pemula

Info Astronomy - Sebagai pemula yang baru menyukai astronomi, kamu pasti ingin sekali memiliki teleskop untuk pengamatan benda-benda-langit mulai dari Bulan, planet-planet, sampai galaksi tetangga Andromeda. Tapi, kamu kadang masih bingung nih, gimana sih teleskop yang cocok itu?

Pemula yang dimaksud di sini adalah orang yang belum pernah menggunakan teleskop sama sekali. Masih awam banget pokoknya tentang seluk beluk teleskop. Mau beli teleskop, masih takut nanti tidak bisa memakainya, malah teleskopnya bisa-bisa cuma jadi pajangan atau masuk gudang. Apa itu dirimu juga?

Kalau iya, di sini kami akan memberikan rekomendasi 5 teleskop yang mudah banget digunakan untuk pemula. Dijamin pengamatan kamu dengan teleskopmu nanti tidak akan mengecewakan karena sudah kenal dengan teleskop yang kamu akan beli.

Penasaran kan? Yuk lihat di bawah ini deh!

1. Teleskop Seri F70060

Untukmu yang ingin menggunkan teleskop tapi belum mau berinvestasi banyak, kamu bisa membeli teleskop Seri F70060 ini nih, teleskop dengan spesifikasi yang sangat cocok bahkan untuk pengguna mulai dari usia anak sekolah.

Teleksop ini termasuk dalam jenis teleskop refraktor, yaitu yang menggunakan lensa sebagai pengumpul cahaya benda langit yang akan kamu amati. Dudukan atau mounting teleksop ini memiliki jenis fork-altazimuth, yang mana penggunaannya akan sangat mudah sekali.

Untuk kualitas optiknya, teleskop ini memiliki panjang fokal 700 mm. Dengan tiga lensa okuler yang berdiameter 4 mm, 12,5 mm, dan 20 mm, masing-masing dapat menghasilkan pembesaran hingga 175x, 56x, dan 35x.

Seberapa berguna pembesaran tersebut? Dalam hal pengamatan Bulan, pembesaran 35x sudah cukup untukmu bisa melihat kawah-kawah di permukaan Bulan. Sementara untuk pengamatan benda-benda langit seperti galaksi atau nebula, pembesaran 56x sudah cukup asalkan kamu melakukan pengamatan di lokasi minim cahaya. Sementara untuk melihat cincin Saturnus, pembesaran 175x sangat cukup sekali.

Harga teleskop: Rp889.000,-
Klik di sini untuk membeli teleskopnya di InfoAstronomyStore.com.

2. Teleskop PowerSeeker 60AZ

Dibuat oleh pabrikan Celestron, teleskop ini memiliki kualitas optik yang sangat baik walaupun termasuk dalam kelas entry-level. Tripodnya yang kokoh juga akan membuat pengamatan kamu jadi lebih stabil, lho!

Teleskop PowerSeeker 60AZ ini juga termasuk jenis refaktor. Jenis teleskop ini sangat mudah digunakan untuk para pemula karena hanya perlu memasang lensa okuler pada bagian diagonal dan pengamatan pun bisa langsung dilakukan tanpa perlu pengaturan lainnya.

Panjang fokal teleskop ini mencapai 700 mm dan aperture 60 mm. Ia juga menggunakan dudukan fork-altazimuth yang penggunaannya sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang berada di ekuator.

Teleskop ini juga dilengkapi dua lensa okuler, 4 mm dan 20 mm, yang masing-masing memiliki pembesaran 35x dan 175x. Walau begitu, kamu juga akan mendapatkan lensa barlow, yang fungsinya adalah untuk menaikkan pembesaran teleksop hingga 3x. Dijamin deh pengamatan benda-benda langit mulai dari Bulan sampai cincin Saturnus akan lebih baik!

Harga teleskop: Rp2.499.000,-
Klik di sini untuk membeli teleskop ini di InfoAstronomyStore.com.

3. Teleskop PowerSeeker 70EQ

Memiliki panjang fokal 700 mm dan aperture 70 mm, teleskop ini memiliki pemandangan optis yang cukup jernih, terutama ketika kamu mencoba mengamati benda-benda langit redup seperti galaksi atau nebula.

Walaupun termasuk jenis refraktor, teleskop ini memiliki dudukan berjenis ekuatorial, yang mungkin penggunaannya akan cukup sulit di awal penggunaan namun akan terasa sangat mudah saat sudah mengerti cara kerjanya.

Dengan dudukan ekuatorial itu, untukmu yang berencana menggunakan teleskop sebagai astrofotografi, teleskop ini sangat cocok nih. Pabrikan Celestron juga memberikan dua lensa okuler untuk teleskop ini, 4 mm dan 20 mm yang maisng-masing memiliki pembesaran 175x dan 35x, serta satu lensa barlow untuk menambah 3x pembesaran.

Kelebihan teleksop ini adalah kualitas optiknya yang jauh lebih baik daripada dua teleskop yang sudah dijelaskan di atas dan dudukan ekuatorialnya yang sangat kokoh.

Harga teleskop: Rp3.999.000,-
Klik di sini untuk membeli teleskop ini di InfoAstronomyStore.com.

4. Teleskop Seri F70076

Menurut Telescopereviewer.com, teleksop Seri F70076 ini merupakan teleskop reflektor yang terjangkau namun sangat berkualitas tinggi bagi pemula. Reflektor merupakan jenis teleskop yang menggunakan cermin untuk mengumpulkan cahaya dari benda langit, bukan lensa.

Uniknya, teleskop reflektor yang satu ini menggunakan dudukan fork-altazimuth, membuat pemasangannya tidak terlalu menyulitkan. Tripodnya juga kokoh dan stabil. Hanya perlu memasang beberapa bagian saja, teleskop ini bisa langsung digunakan.

Untuk lensa okuler, pabrikan Saben memberikan tiga ukuran, yakni 4 mm, 12,5 mm, dan 20 mm. Dikombinasikan dengan panjang fokal 700 mm dan aperture 76 mm, maka masing-masing lensa okuler akan menghasilkan pembesaran 175x, 56x, dan 35x. Sangat cocok untuk pengamatan Bulan, planet-planet, galaksi, dan nebula, asalkan berada di lokasi yang bebas polusi cahaya.

Harga teleskop: Rp998.000,-
Klik di sini untuk membeli teleskop ini di InfoAstronomyStore.com.

5. Teleskop AstroMaster 114EQ

Berbeda dari empat teleskop di atas yang termasuk dalam entry-level, teleskop yang satu ini sebenarnya sudah berada di level profesional, namun masih sangat cocok untuk digunakan pemula astronomi.

Spesifikasi teleskop ini sangat tinggi, panjang fokalnya mencapai 1000 mm dan aperturenya 114 mm, membuat kamu bisa melihat cincin Saturnus dan empat bulan yang mengelilingi Jupiter secara jelas. Eits, kalau cuaca bersahabat dan lokasi pengamatan minim cahaya, galaksi tetangga Andromeda juga bisa teramati!

Teleskop ini menggunakan dudukan ekuatorial. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dudukan jenis ini sedikit sulit untuk dirakit, tapi kalau sudah mengerti dan memahaminya maka penggunaan akan sangat mudah.

Fitur lainnya yang ada pada teleskop ini adalah star pointer, yang akan berguna banget untukmu bisa mengarahkan teleskop ini untuk mencari benda-benda langit.

Harga teleskop: Rp5.499.000,-
Klik di sini untuk membeli teleskop ini di InfoAstronomyStore.com.

Nah, itulah 5 teleskop yang mudah digunakan untuk pemula. Adakah salah satu dari teleskop di atas yang menjadi teleskop impian kamu? Yuk nabung untuk mendapatkan teleskop pertamamu!
BERIKAN KOMENTAR ()