5 Buku yang Bisa Menambah Wawasan Astronomi Kamu

Info Astronomy - Di era modern seperti sekarang ini, belajar bisa dari mana saja. Namun, sepertinya belum ada yang bisa mengalahkan pengalaman dalam membaca buku. Selain informasi yang dimuat bisa lebih banyak, buku yang bagus juga akan menggugah kamu untuk terus membaca dan mengerti tentang suatu hal.

Nah, belajar astronomi juga bisa kok dilakukan lewat buku. Di artikel kali ini, kami akan merekomendasikan setidaknya lima buku yang bisa membuat belajar astronomi kamu jadi lebih seru dan lebih paham. Penasaran buku apa saja?

1. Kosmos

Kosmos merupakan salah satu buku sains dan astronomi paling laris hampir di seluruh dunia sepanjang sejarah. Ditulis oleh astronom Carl Sagan, buku ini akan mengungkapkan kepadamu mengenai alam semesta kita dan bagaimana kita mengamati serta meneliti alam semesta.

Kosmos akan membawa kamu bereksplorasi dari mulai hampir empat belas miliar tahun lalu, ketika alam semesta terbentuk melalui proses Big Bang. Pembentukan zat-zat awal di alam semesta, asal-usul kehidupan, misi wahana antariksa, rupa beraneka planet dan bintang, alur hidup tata surya dan galaksi, sampai awal dan akhir alam semesta itu sendiri, dijabarkan dalam buku ini.

Sejak terbit pertama kali, buku ini telah membantu jutaan orang memahami alam semesta nan luas yang telah diungkap sains, menunjukkan betapa jauhnya kini umat manusia bisa memandang, dan betapa banyak hal yang masih menunggu ditemukan di alam semesta kita.

Harga buku: Rp100.000,-

2. Astrofisika untuk Orang Sibuk

Seperti apakah sifat dasar ruang dan waktu? Bagaimana kita menempatkan diri di alam semesta? Bagaimana alam semesta hadir dalam diri kita?

Hanya sebagian kecil dari umat manusia yang punya waktu untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan di atas. Alasannya beragam, mulai dari tidak peduli, hingga karena sibuk. Sang penulis, Neil deGrasse Tyson, membawa alam semesta dengan ringkas dan jelas dalam buku ini. Penjelasan yang terbagi dalam beberapa bab bisa dilahap kapan pun dan di mana pun di sela-sela kesibukan kamu.

Buku ini akan mengungkapkan apa saja sebenarnya yang perlu kamu ketahui agar fasih mengenai alam semesta: mulai dari Big Bang sampai lubang hitam, dari kuark sampai mekanika kuantum, dan dari pencarian planet sampai pencarian hidup di alam semesta. Siap untuk belajar alam semesta secara ringkas?

Harga buku: Rp50.000,-

3. Sejarah Singkat Waktu

Inilah salah satu buku sains terpenting yang pernah ditulis oleh satu di antara para ilmuwan besar di zaman kita, Stephen Hawking!

Dalam buku ini Hawking membahas pertanyaan-pertanyaan besar seperti: Bagaimana alam semesta bermula—dan apa yang memulainya? Apakah waktu itu, dan apakah ia selalu bergerak maju? Adakah ujung alam semesta, dalam ruang maupun waktu? Adakah dimensi lain dalam alam semesta? Apa yang terjadi ketika alam semesta berakhir?

Lewat penulisan yang bisa dimengerti semua orang, Sejarah Singkat Waktu atau A Brief History of Time mengajak kita menjelajahi dunia ajaib lubang hitam dan kuark, antizat dan “panah waktu”, Big Bang dan peran Tuhan di alam semesta, beserta segala kemungkinan yang luar biasa dan tak terduga.

Dengan penggambaran yang menarik dan menggugah imajinasi, Stephen Hawking membawa kita makin dekat ke rahasia pamungkas penciptaan alam semesta itu sendiri dalam buku ini.

Harga buku: Rp70.000,-

4. Bumi dan Tata Surya

Tata surya adalah sebuah kesatuan sistem yang berisi kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit dari masing-masing planet, planet kerdil, asteroid, meteor, dan komet.

Dalam buku Bumi dan Tata Surya karya Danang ini, kita tidak hanya bisa belajar tentang sistem tata surya secara lengkap dan mendalam, tetapi kita juga bisa belajar tentang seluk beluk planet bumi, struktur bumi, bagian-bagian bumi seperti gunung, gurun, atmorfer, laut, sungai, tanah, juga berbagai bentuk fenomena alam yang lazim terjadi di bumi.

Dengan penjelasan yang mudah dimengerti oleh awam sekalipun, buku ini dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga dapat digunakan oleh siswa maupun guru.

Harga buku: Rp69.000,-

5. Asal Mula

Manusia berusaha mencari tahu asal mula dirinya dan segalanya sejak dulu. Penelitian sains telah mengungkapkan bahwa asal mula manusia bukan hanya dari Bumi, melainkan juga bintang-bintang dan alam semesta. Kisah asal mula kita merentang sampai awal waktu serta kelahiran ruang dan seluruh zat.

Buku Asal Mula menceritakan bagaimana terjadinya alam semsta, bintang-bintang, planet-planet, dan kehidupan berdasarkan temuan-temuan sains, yang menunjukan betapa megahnya kosmos dan bagaimana kedudukan kita di dalamnya.

Sama penulisnya dengan buku Astrofisika untuk Orang Sibuk, Tyson dalam buku ini mencoba menggali lebih dalam lagi tentang bagaimana semuanya bermula, hingga sampai pada waktu di mana kamu membaca bukunya.

Harga buku: Rp95.000,-

Nah, itulah kelima buku yang bisa menambah wawasan astronomi kamu. Yuk biasakan lagi membaca buku, karena dengan buku kita tidak hanya membuka jendela dunia, tetapi jendela alam semesta!
BERIKAN KOMENTAR ()