Satu Tahun di Venus Lebih Cepat dari Satu Harinya

Info Astronomy - Satu hari di Bumi lamanya sekitar 24 jam, sementara satu tahunnya berlangsung sekitar 365 hari. Nah, pernah terbayang apa jadinya kalau kamu tinggal di planet yang satu tahunnya lebih cepat dibanding satu harinya? Itulah yang terjadi di Venus!

Venus merupakan planet kedua dari Matahari di tata surya yang sering disebut sebagai "planet saudara Bumi" berkat sejumlah hal memang memiliki kesamaan dengan planet kita. Sebagai planet berbatu, Venus tersusun dari batuan silikat dan logam. Ia juga mengorbit Matahari di tepi dalam zona laik huni, serta memiliki gunung berapi yang sama kejamnya dengan yang ada di planet kita.

Namun, tentu saja ada juga beberapa perbedaan utama antara Venus dan Bumi. Pertama, Venus memiliki atmosfer yang sangat padat (92 kali dari kepadatan atmosfer Bumi) sehingga terjadi efek rumah kaca yang berlebihan di sana. Dengan kata lain, panas Matahari yang diterimanya tidak dipantulkan kembali ke ruang angkasa akibat tebalnya atmosfer, membuat suhu permukaannya cukup panas untuk melelehkan timbal.

Selain itu, rotasi Venus sangat lambat jika dibandingkan dengan rotasi Bumi. Bayangkan saja, Venus membutuhkan 243,025 hari untuk sekali berputar pada porosnya, membuat siang dan malam hari di sana berlangsung masing-masing sekitar 121,51 hari. Tak hanya itu, Venus juga berotasi terbalik, sehingga Matahari terbit dari arah barat bila kita lihat dari permukaannya.

Wah, lama sekali kan satu hari di Venus! Uniknya, satu tahun di Venus berlangsung lebih cepat. Dalam mengelilingi Matahari pada jarak 108 juta kilometer, Venus butuh waktu sekitar 224,65 hari Bumi, yang juga artinya satu tahun di Venus berlangsung sekitar 61,5% dari satu tahun di Bumi.

Loh, loh, kok bisa sih?

Menurut UniverseToday.com, alasan ilmiah mengapa rotasi planet bisa memakan waktu yang lebih lama daripada revolusi terhadap bintangnya, adalah karena kedua gerakan itu pada dasarnya memang tidak saling bergantung satu sama lain.

Gerak revolusi planet mengelilingi bintangnya adalah hasil dari tarikan gravitasi sang bintang. Sementara rotasi sebuah planet adalah hasil dari proses pembentukannya sendiri, suatu proses yang juga didorong oleh gravitasi planet tersebut. Itu sebabnya, kedua gerakan ini memang tidak terikat satu sama lain.

Space.com mencatat Venus mungkin berputar pada porosnya lebih cepat di masa lalu, tetapi karena jaraknya yang relatif dekat dengan Matahari, gravitasi Matahari memberikan efek penguncian gravitasi sehingga rotasi Venus melambat secara signifikan. Suatu saat di masa depan, rotasi Venus kemungkinan akan benar-benar terkunci, yang berarti hanya akan ada satu sisi Venus yang secara terus-menerus menghadap ke arah Matahari.

Ya, yang jelas sih, seberapa lama pun rotasi Venus, masih lebih lama si dia membalas chat kamu kayaknya. Eh.