Cara Membedakan Bintang dan Planet di Langit Malam

Info Astronomy - Di langit malam yang cerah, kita tidak cuma bisa melihat bintang-bintang yang bertaburan saja, lho. Faktanya, planet-planet tata surya juga cukup terang untuk diamati. Walau begitu, tidak banyak orang yang tahu akan hal ini.

Bagaimana tidak, kenampakan planet-planet di langit malam hampir sama seperti kenampakan bintang: bintik cahaya terang. Namun, bukan berarti kita tidak bisa nih membedakan kenampakan bintang dengan planet di langit.

Karena rupanya, kenampakan kedua benda langit ini punya perbedaan kok!

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah bintik cahaya yang kamu lihat adalah planet atau bintang. Metode yang paling mudah dilakukan adalah dengan melihat apakah cahaya yang dipancarkan objek di langit itu tampak berkelap-kelip atau tidak.

Walaupun bintang-bintang berukuran sangat besar, bahkan lebih besar dari planet-planet, tetapi jarak mereka begitu jauh dari Bumi sehingga mereka tampak sangat, sangat, sangat kecil. Saking kecilnya kenampakan bintang di langit, cahaya dari mereka akan dengan mudah terbiaskan.

Cahaya dari bintang-bintang yang kita amati setiap malamnya harus melewati lapisan atmosfer Bumi yang berlapis-lapis. Hal itu pada akhirnya menyebabkan cahaya bintang yang hanya seperti titik cahaya menjadi tampak berkelap-kelip.

Berbeda dengan kenampakan planet. Planet-planet di tata surya kita jaraknya jauh lebih dekat ke Bumi daripada bintang-bintang. Cahaya yang kita lihat dari planet-planet juga merupakan sinar Matahari yang dipantulkan dari sisi siang hari planet-planet tersebut.

Nah, karena planet-planet jauh lebih dekat ke Bumi, mereka tidak akan tampak sebagai titik cahaya saja di langit, melainkan diameter sudutnya akan lebih besar. Hal itu membuat ketika cahaya dari planet memasuki atmosfer Bumi, turbulensi atmosfer tidak akan membuat cahaya dari planet berkelap-kelip. Mereka pun akan tampak stabil cahayanya di langit malam.

Dari sini, kita bisa membedakan kalau suatu malam melihat sebuah objek langit kecil yang sangat terang dan cahayanya tidak berkelap-kelip, kemungkinan besar itu adalah planet. Di langit Bumi, planet Venus adalah yang paling terang, diikuti setelahnya oleh Jupiter, Mars, Saturnus, dan Merkurius. Sementara itu, Uranus dan Neptunus terlalu redup.

Masih belum puas? Tenang, masih ada cara lainnya~

Pada zaman dahulu, para astronom kuno bisa membedakan antara planet dan bintang dengan cara melihat pergerakan benda-benda langit setiap malam. Bintang-bintang berubah posisi di langit setiap malam secara bersama-sama. Di sisi lain, planet-planet bergerak dalam orbit tertentu yang tidak mengikuti gerakan bintang-bintang.

Planet-planet juga berada dalam jalur yang dikenal sebagai ekliptika. Jadi, jika kamu melihat bintik cahaya yang terang dan tidak berkelap-kelip di sepanjang jalur itu, ada kemungkinan besar bahwa itu adalah sebuah planet.

Sekarang, kamu sudah bisa dong tentunya membedakan kenampakan antara bintang dan planet di langit malam? Kalau masih bingung, coba untuk aplikasi peta langit untuk gawaimu saja, klik di sini untuk rekomendasi dari kami.