Mana yang Lebih Banyak, Pasir di Bumi atau Bintang-bintang?

Info Astronomy - Saat sedang melihat bintang-bintang di pantai, pernahkah kamu bertanya-tanya mana yang lebih banyak di antara butiran pasir di Bumi atau bintang-bintang di langit? Kalau belum pernah, kamu mungkin tidak sepenasaran itu ya.

Terlepas ini pertanyaanmu atau bukan, yang jelas butiran pasir di Bumi dan bintang-bintang tidak dapat dihitung, setidaknya secara harfiah. Walau begitu, kita bisa mengestimasikan jumlahnya.

Itulah yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Hawaii, yang -- entah gabut atau memang untuk penelitian tertentu -- mencoba untuk menghitung jumlah butiran pasir di Bumi.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan ini berkata, jika kita bisa mengasumsikan sebutir pasir memiliki ukuran tertentu yang sama dan kita menghitung berapa banyak butir pasir dalam satu sendok teh lalu mengalikan jumlahnya dengan semua pantai dan gurun di dunia, Bumi kita memiliki kira-kira (secara kasar) 7,5 x 10^18 butir pasir, atau dibaca tujuh triliun lima ratus kuadriliun (7,5 diikuti 18 angka 0 di belakangnya) butir pasir.

Ya, itu banyak banget!

Nah, bagaimana dengan jumlah bintang? Ketika kita melihat langit, bahkan pada malam yang cerah, kita memang tidak akan melihat banyak sekali bintang. Menurut EarthSky.org, jumlah bintang yang bisa diamati dalam satu malam hanya "beberapa ribu" saja.

Eits, tunggu dulu. Ini bukan berarti jumlah pasir di Bumi lebih banyak. Memang dari Bumi kita tidak bisa melihat seluruh bintang di alam semesta, tetapi ketika menggunakan teleskop antariksa Hubble, para astronom dapat mengamati adanya bintang-bintang di galaksi Bimasakti yang redup dan tak terlihat dari Bumi serta galaksi-galaksi lainnya yang sudah tentu memiliki bintang juga.

Hasilnya, menurut estimasi para astronom, jumlah bintang di alam semesta yang diketahui mencapai 70 ribu juta juta juta (angka 7 diikuti 22 angka 0 di belakangnya). Ya, jadi, mohon maaf nih para pasir di Bumi, jumlah kalian masih kalah banyak dari geng bintang.

Belum sampai di situ nih. Kalau dibandingkan dengan jumlah butiran pasir di Bumi, bintang memang lebih banyak. Namun, kalau kita bandingkan jumlah bintang dengan jumlah molekul ada dalam sepuluh tetes air, jumlah bintang-bintang tidak ada apa-apanya.

Tunggu, tunggu... maksudnya gimana nih?

Biar saya ulangi: Kalau kamu mengambil 10 tetes air dan menghitung jumlah molekul H2O yang ada dalam setiap tetes tersebut, kamu akan mendapatkan jumlah molekul H20 yang sama banyaknya dengan jumlah semua bintang di alam semesta!

Kesimpulan dari pertanyaan utama dalam artikel ini adalah, bintang-bintang di alam semesta yang sangat luas itu masih lebih banyak daripada jumlah butiran pasir di Bumi kok.