Yuk Lihat Jupiter dan Saturnus di Malam Langit Gelap 2019!

Info Astronomy - Tahukah kamu kalau 6 Agustus ditetapkan sebagai Hari Keantariksaan Nasional? Tanggal ini dipilih karena pada tahun 2013 silam, Indonesia akhirnya memiliki payung hukum untuk kegiatan keantariksaan, yakni melalui Undang-Undang Keantariksaan Nomor 21 Tahun 2013.

Sebagai lembaga yang diamanatkan oleh UU, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat ini sedang giat-giatnya melakukan kegiatan keantariksaan, pengembangan ilmu pengetahuan, hingga merancang satelit dan roket secara mandiri di Indonesia.

Nah, untuk merayakan Hari Keantariksaan Nasional itu, LAPAN mengampanyekan kegiatan Malam Langit Gelap, sebuah gerakan untuk mereduksi polusi cahaya yang sudah mencemari langit malam. Dalam kegiatan ini, masyarakat diajak untuk mematikan lampu atau sumber cahaya lain yang berada di luar ruangan selama satu jam saja, yakni pukul 20:00 sampai dengan 21:00 waktu setempat daerah masing-masing.

Ingat ya, hanya lampu di luar ruangan saja, dan gerakan ini adalah gerakan sukarela. Jadi, diharapkan kepada PLN tidak perlu berinisiatif untuk melakukan "total blackout" seperti pada hari Minggu hingga Senin kemarin ya.

Selain untuk mengurangi dampak polusi cahaya, gerakan ini mirip sebenarnya dengan "Earth Hour", yang mematikan lampu selama satu jam dengan tujuan untuk menghemat energi. Jadi selain bisa menikmati langit malam yang lebih bersih, kita juga bisa secara langsung mengurangi pemborosan energi yang biasanya dilakukan, terutama di kota-kota besar.

Nah, saat perayaan Malam Langit Gelap nanti, kita berkesempatan untuk melihat dua planet raksasa di langit malam, lho. Keduanya adalah planet Jupiter dan Saturnus. Coba perhatikan infografik berikut deh:
Mulai sekitar pukul 7 malam waktu setempat daerahmu, kamu sudah bisa tuh melihat Jupiter dan Saturnus. Namun, dalam pandangan mata, kedua planet ini hanya akan muncul seperti bintang kuning terang saja ya. Kamu butuh teleskop untuk bisa melihat keduanya lebih jelas.

Eits, ini bukan pertanda akan datangnya bencana ya. Kenampakan planet-planet di langit malam sebenarnya adalah hal yang biasa. Kita tinggal di tata surya yang terdiri dari delapan planet utama, sehingga melihat planet itu di langit bukanlah hal yang harus ditakuti.

Malam Langit Gelap tahun ini bertepatan dengan fase Bulan sabit menjelang perbani awal. Bulan akan terbenam sekitar pukul 22:45 WIB. Biar tahu informasi lebih lengkap tentang fase Bulan, unduh InfoAstronomy App untuk Android secara gratis di Google Play Store dong.

Yuk ngamat planet bareng-bareng sambil hemat energi. Selamat Hari Keantariksaan Nasional!
BERIKAN KOMENTAR ()