Félicette, Kucing Pertama dan Satu-satunya yang ke Luar Angkasa

Info Astronomy - Kata pada gambar di atas adalah sebuah kutipan dari Félicette, kucing pertama dan satu-satunya yang pernah pergi ke luar angkasa, sesaat sebelum meluncur.

Félicette adalah kucing pemberani. Ia pada awalnya merupakan seekor kucing betina liar yang diambil dari jalanan di Paris, yang kemudian dilatih untuk menjadi kucingnaut (astronaut tapi kucing). Kisah ini mungkin terdengar seperti alur cerita dalam buku anak-anak. Tetapi, kisah Félicette adalah benar adanya.

Semuanya dimulai pada awal tahun 60-an, ketika Centre d'Enseignement et de Recherches de Médecine Aéronautique (CERMA), lembaga antariksa Prancis, memilih lebih dari selusin kucing untuk melakukan program pelatihan luar angkasa.

Pada masa itu, Prancis sebelumnya telah meluncurkan tiga tikus ke luar angkasa. Mereka ingin bereksperimen lebih lagi, meluncurkan mamalia yang lebih besar untuk mempelajari respon tubuh mereka terhadap gravitasi yang lebih lemah di luar angkasa.

Para calon kucingnaut pun dikumpulkan di sebuah ruangan, ditempatkan di sebuah wadah khusus. CERMA dengan cermat meneliti mana kucing yang paling cocok untuk diluncurkan dalam misi luar angkasa.
Félicette, yang berada di wadah paling kiri dalam gambar di atas, akhirnya membuktikan dirinya. Pada Oktober 1963, ia terpilih untuk menjadi kucingnaut pertama dan terakhir CERMA. Dengan menumpang roket Véronique yang diluncurkan di Gurun Sahara, ia berhasil meluncur setinggi 160 kilometer di atas permukaan Bumi dan menghabiskan beberapa menit dalam gravitasi nol.

Di Bumi, para ilmuwan CERMA saat itu sibuk memantau perkembangan dan perubahan yang dialami sang kucingnaut melalui elektroda yang ditanamkan di otaknya.

Segera setelah Félicette berada di luar angkasa, kapsul antariksanya terlepas dari roket dan membuatnya terjun dengan aman ke permukaan Bumi lagi, di mana ia langsung dijemput oleh para ilmuwan. Misi antariksa Félicette berlangsung total sekitar 15 menit.

Memang, Félicette bukan mamalia besar pertama yang ke luar angkasa, perjalanan Félicette ke luar angkasa didahului oleh Laika, anjing jalanan asal Rusia yang menjadi hewan pertama yang berhasil mengorbit Bumi di atas wahana antariksa Sputnik-2 pada tahun 1957. Namun, tidak seperti Laika yang meninggal di luar angkasa, Félicette balik ke Bumi untuk kembali hidup sebagai kucing.

Itulah sedikit kisah Félicette. Di Hari Kucing Sedunia 8 Agustus ini, mari kita kenang masa-masa keemasan si kucing beruntung itu.

Meong.
BERIKAN KOMENTAR ()