Seberapa Besar dan Jauh Bulan dari Bumi?

Info Astronomy - Meskipun kita dapat melihat Bulan bersinar terang di langit malam, bahkan kadang di siang hari, mungkin masih cukup sulit bagi kita untuk membayangkan seberapa besar dan seberapa jauh satu-satunya satelit alami Bumi kita itu.

Di artikel ini, mari kita bahas sebenarnya seberapa besar sih Bulan itu serta seberapa jauh jarak Bulan dari Bumi. Penasaran?

Seperti Bumi, Bulan bukanlah bola yang bulat sempurna. Bulan memiliki bentuk bulat pepat. Itu artinya, diameter dari kutub ke kutub Bulan lebih kecil daripada diameter ekuatornya. Walau begitu, perbedaannya kecil, hanya sekitar 4 kilometer. Diameter ekuator Bulan diketahui sekitar 3.476 km, sedangkan diameter kutub ke kutub mencapai sekitar 3.472 km.

Untuk membayangkan seberapa besar diameter itu, kita perlu membandingkannya dengan sesuatu yang ukurannya sama. Dalam hal ini, mari kita gunakan benua Australia.

Jarak dari Perth (garis pantai barat Australia) ke Brisbane (garis pantai timur Australia) adalah sekitar 3.606 km. Jika kita bisa menempatkan Australia dan Bulan secara berdampingan, ukurannya kira-kira akan sama besar diameternya.

Sekarang, seberapa jauh Bulan dari Bumi?

Bulan bergerak dalam orbit elips mengelilingi Bumi, yang berarti jaraknya dari planet kita tidak tetap. Jarak tersebut dapat bervariasi hingga 50.000 km dalam satu orbit tunggal, itulah sebabnya ukuran Bulan di langit kita bisa berubah-ubah juga.

Dari jarak yang berbeda-beda itu, didapati bahwa jarak rata-rata antara Bulan dan Bumi adalah sekitar 384.402 km. Mari kita bandingkan dengan Australia lagi.

Jika kita berkendara naik mobil dari Brisbane ke Perth dalam rute tercepat yang disarankan oleh Google Maps, kita akan menempuh jarak sejauh 4.310 km. Perjalanan itu, bila dilakukan tanpa berhenti, akan memakan waktu sekitar 46 jam.

Bagaimana bila dibandingkan dengan jarak antara Bumi ke Bulan? Jawabannya, hal itu sama seperti melakukan lebih dari 89 kali perjalanan dari Brisbane ke Perth. Dengan kata lain, butuh lima setengah bulan waktu mengemudi tanpa henti.

Sudah bisa membayangkan seberapa besar dan jauh Bulan kita dari Bumi?
BERIKAN KOMENTAR ()