Melihat Planet-planet Selama Gerhana Bulan Parsial

Info Astronomy - Besok dini hari (17/07), peristiwa gerhana Bulan parsial akan terjadi dan teramati di seluruh Indonesia. Nah, bukan cuma gerhana Bulan saja yang nantinya bisa kita amati, tetapi ada juga planet-planet tata surya di sekitar Bulan. Hemm, apa saja ya?

Planet-planet tersebut adalah Jupiter dan Saturnus. Pada saat Bulan digerhanai Bumi, kedua planet ini tidak akan berada jauh dari lokasi Bulan di langit Bumi. Keduanya bahkan bisa diamati dengan mata telanjang sepanjang gerhana berlangsung.

Walau begitu, karena terbit lebih dulu, nantinya Jupiter juga akan terbenam lebih dulu sebelum gerhana berakhir. Kamu juga butuh teleskop untuk bisa melihat kedua planet ini lebih jelas, sebab dalam pandangan mata nantinya hanya akan tampak seperti bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip saja.

Nah, di mana tepatnya letak kedua planet ini saat gerhana nanti? Perhatikan gambar berikut:
Posisi ketiga benda langit di atas adalah sekitar pukul 01:43 WIB, saat Bulan mulai memasuki bayangan penumbra atua bayangan terang Bumi. Di momen ini, wajah Bulan belum tampak seperti "tergigit", hanya cahayanya saja yang tampak lebih redup.

Sepanjang gerhana terjadi, planet Saturnus akan berada sejauh 5 derajat di sisi barat Bulan. Dalam pandangan mata telanjang, kita tidak bisa melihat cincin Saturnus karena jaraknya yang sangaaaaaat jauh dari Bumi. Penggunaan teleskop dengan magnifikasi minimal 75x baru bisa membantu kita untuk melihat cincinnya.

Sementara itu, planet Jupiter berada lebih jauh posisinya dari Bulan, yakni sekitar 35 derajat. Setali tiga uang dengan Saturnus, kita juga tidak bisa melihat Jupiter dengan jelas tanpa menggunakan teleskop. Sang planet terbesar di tata surya kita ini hanya akan tampak seperti bintang kuning terang yang  tidak berkelap-kelip dalam pandangan mata.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, planet Jupiter akan terbenam lebih dulu, yakni sekitar pukul 03:10 WIB, tepat beberapa menit setelah gerhana Bulan parsial dimulai, sehingga hanya akan meninggalkan Bulan bersama dengan Saturnus di langit.

Belum paham bagaimana cara menemukan planet-planet di langit? Kamu bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh gratis di toko aplikasi seperti Stellarium, Sky Map, ataupun Sky Portal. Aplikasi peta langit memudahkanmu menemukan planet-planet dengan sekali klik saja.