India Luncurkan Wahana Antariksa Menuju Bulan

Info Astronomy - Lagi, India berhasil meluncurkan sebuah wahana antariksa menuju Bulan langsung dengan roket buatan mereka sendiri dan diluncurkan juga di dalam negeri sendiri. Kira-kira, apa tujuan misi ini?

Setelah terjadi "hambatan teknis" yang membatalkan upaya peluncuran pertama seminggu yang lalu, Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) akhirnya berhasil mengirim Chandrayaan-2 dalam perjalanannya ke Bulan pada Senin (22/7) sore waktu setempat menggunakan roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III (GSLV Mk III).

Chandrayaan-2 bukan hanya satelit pengorbit Bulan, namun nantinya akan terdiri juga atas wahana penjelajah dan pendarat yang semuanya akan tiba di permukaan Bulan pada pekan pertama September 2019. Misinya? Untuk mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai topografi, mineralogi, eksosfer, dan tanda keberadaan es air di Bulan.

Wahana pengorbit akan memetakan permukaan Bulan secara langsung dari orbitnya untuk membentuk peta 3D Bulan. Radar yang disematkan padanya juga akan memetakan permukaan Bulan untuk mempelajari es air di wilayah kutub selatan dan ketebalan regolith di permukaan Bulan.

Chandrayaan-2 pada akhirnya akan memberikan informasi paling presisi mengenai lokasi di mana ada kelimpahan air Bulan yang nantinya bisa digunakan oleh program Artemis, misi pendaratan manusia ke Bulan selanjutnya.

"Ini adalah awal dari perjalanan bersejarah bagi India," kata kepala ISRO K. Sivan sesaat setelah roket berhasil meluncur dari Sriharikota, India.

Dengan anggaran hanya sekitar 1,8 miliar dolar AS, sebagai negara berkembang India sukses membuktikan bahwa misi ke Bulan masih bisa dilakukan. Sebagai perbandingan, dana anggaran NASA mencapai 21,5 miliar dolar AS tahun ini.

Misi Kedua ke Bulan
India meluncurkan wahana antariksa ke Bulan untuk pertama kalinya pada tahun 2008, lalu meluncurkan sebuah sebuah wahana antariksa ke orbit Mars pada tahun 2014. Dengan kata lain, Chandrayaan-2 merupakan misi ke Bulan kedua mereka.

Chandrayaan sendiri memiliki arti sebagai "wahana Bulan" dalam bahasa Sansekerta. Pada misi Bulan pertamanya, Chandrayaan-1, India membantu mengonfirmasi keberadaan air di Bulan. Tapi sayangnya, Chandrayaan-1 saat itu tidak mendarat di permukaan Bulan.

Semoga sukses dengan Chandrayaan-2, India!
BERIKAN KOMENTAR ()