Menjadi Antariksawan Mars, Apa Persyaratannya?

Info Astronomy - Dalam beberapa dekade mendatang, manusia kemungkinan sudah bisa menginjakkan kakinya di Planet Merah. Dengan begitu, akan dibutuhkan banyak antariksawan untuk menjalankan misi tersebut. Tapi, apa saja sih persyaratannya?

Lembaga antariksa yang sejauh ini berambisi untuk mendaratkan antariksawannya ke Mars adalah NASA, lembaga antariksa AS. Jadi, dalam artikel ini, saya akan mengambil referensi persyaratan antariksawan yang diinginkan NASA.

Antariksawan sejauh ini masih sebatas bekerja sebagai ilmuwan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, sebuah laboratorium uji yang berada di orbit rendah Bumi. Namun, dalam beberapa tahun mendatang, antariksawan mungkin sudah ada yang kembali ke Bulan, atau mengunjungi Mars untuk pertama kali.

Apa lagi, saat ini NASA sedang mengembangkan modul antariksa Orion dan sebuah roket besar bernama Space Launch System (SLS). Kedua instrumen tersebut nantinya akan membawa manusia lebih jauh ke luar angkasa, bahkan hingga planet tetangga.

Nah, sebagai sebuah lembaga antariksa yang butuh sumber daya manusia, NASA cukup rajin membuka program perekrutan antariksawan, lho.

Sejarah Seleksi Antariksawan NASA
Antariksawan pertama NASA dipilih dari militer pada sekitar tahun 1959. Dipilihnya militer dikarenakan seorang astronot mesti memiliki pengalaman menerbangkan pesawat jet dan memiliki latar belakang pendidikan atau pekerjaan dalam bidang teknik.

Namun, selain keahlian penerbangan dan teknik, NASA mulai menyadari bahwa eksplorasi antariksa membutuhkan pengetahuan ilmiah dan kemampuan untuk menerapkannya. Jadi, pada tahun 1964, NASA mulai mencari ilmuwan untuk menjadi antariksawan. Saat itu, satu kualifikasi untuk ilmuwan yang boleh menjadi antariksawan adalah doktor di bidang kedokteran, teknik, atau ilmu alam seperti fisika, kimia, atau biologi.

Jadi, Apa Syarat Menjadi Antariksawan?
Persyaratan antariksawan telah berubah seiring berubahnya pula tujuan dan misi NASA. Seperti misalnya saat ini, NASA sedang fokus untuk mencari antariksawan untuk didaratkan di Mars. Jam terbang yang tinggi dan pengalaman di bidang teknik masih menjadi persyaratan utama, walaupun bukan lagi satu-satunya.

Nah, dilansir situs web Astronaut Requirements NASA, inilah syarat-syarat untuk menjadi seorang antariksawan.

Pertama, kamu harus memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer, atau matematika. Bidang-bidang ilmu ini sangat dibutuhkan karena kamu akan bekerja sepenuhnya dalam hal ilmiah.

Keduaa, setidaknya kamu perlu memiliki pengalaman selama tiga tahun dalam pekerjaan profesional yang terkait dengan gelar pendidikanmu, atau setidaknya memiliki jam terbang 1.000 jam dalam menerbangkan pesawat jet.

Ketiga, kamu harus mampu untuk melewati latihan fisik antariksawan NASA yang biasanya berjangka panjang. Ketajaman penglihatan baik jauh maupun dekat juga harus baik. Walau begitu, penggunaan kacamata masih bisa diterima kok!

Keempat, kandidat antariksawan juga harus memiliki keterampilan dalam kepemimpinan, kerja tim, dan komunikasi. Tentu NASA tidak mau merekrut seseorang yang lebih suka bekerja sendiri atau diam saja dalam sebuah tim.

Kalau kamu sudah memenuhi syarat-syarat itu, kamu sudah bisa melamar diri sebagai antariksawan. Tapi harus siap-siap untuk bersaing dengan banyak pelamar lainnya. Pada tahun 2016 saja, setidaknya ada sekitar 18.300 kandidat yang melamar, dengan hanya sekitar 120 kandidat paling berkualifikasi saja yang berkesempatan dipanggil ke Johnson Space Center NASA di Houston, Texas, untuk wawancara.

Dari mereka yang diwawancarai, sekitar setengahnya diundang kembali untuk putaran kedua, sementara sisanya kembali pulang karena mungkin saja tidak lolos tes. Setelah antariksawan-antariksawan terakhir dipilih, mereka akan mulai melakukan periode pelatihan selama dua tahun.

Siap untuk menjadi manusia pertama yang mendarat di Planet Merah?