Penemuan Uniknya Logo Star Trek di Planet Mars

Info Astronomy - Apakah Kapten Kirk dan Spock telah kembali ke masa lalu untuk membentuk lambang Starfleet untuk United Federation of Planets dari Star Trek di planet Mars?

Lupakan penemuan bentuk wajah atau piramida di Mars. Baru-baru ini, ada yang lebih menarik yang ditemukan di permukaan Planet Merah. Bagi penggemar Star Trek atau yang setidaknya pernah menonton film Star Trek, pasti tidak akan asing dengan bentuk unik di dasar kawah Mars pada gambar di atas itu.

Bukan, bentuk unik itu bukan buatan alien, ataupun taktik pemasaran untuk film Star Trek terbaru. Dalam pengamatan para astronom ini, bentuk unik yang mirip logo Starfleet ini rupanya tidak hanya ada satu, melainkan ada begitu banyak bentuk serupa lainnya yang ditemukan di wilayah yang dinamai sebagai Hellas Planitia, dataran yang terletak di kawah bundar besar di belahan selatan Mars.

Menurut IFLScience.com, pembentukan logo tersebut kemungkinan besar terjadi berkat tiga elemen utama: pasir, lava, dan angin. Pada dasarnya, kita sedang melihat sebuah bukit pasir purba. Ilmuwan keplanetan percaya bahwa bukit pasir ini mirip dengan bukit pasir barchan yang ada di Bumi.

Bukit pasir di Mars tersebut lantas "dikunci" bentuknya oleh lava. Dahulu kala, Mars aktif secara vulkanis. Ketika lava mengalir ke dasar kawah, mereka akan bertemu dengan bukit pasir ini. Lava tidak bisa menghancurkan bukit pasir, sehingga mereka hanya bergerak melingkupi kawah. Dengan melakukan itu, lava membuat bukit pasir tetap pada bentuknya hingga saat ini.
Dipotret oleh satelit Mars Reconnaissance Orbiter yang mengitari Mars dari orbitnya, bekas aliran lava tersebut bisa dilihat pada gambar di atas. Lava dulunya mengalir dari bagian atas pada gambar menuju ke bagian bawahnya karena datarannya lebih rendah.

Star Trek sendiri telah memainkan peran penting dalam kehidupan banyak orang yang menyukai atau bekerja di astronomi, sehingga mungkin tidak mengejutkan kalau penemuan bukit pasir berbentuk unik ini mengingatkan banyak astronom pada logo Starfleet.

Tokoh-tokoh dalam Star Trek bahkan telah diabadikan sebagai nama-nama fitur di permukaan Charon, bulan terbesar Pluto. Ada wilayah yang dinamai sebagai Vulcan Planum, nama yang diambil dari nama planet kelahiran Spock di Star Trek, serta ada juga kawah Kirk, kawah Spock, kawah Uhura, hingga kawah Sulu.