Apa Fungsi Bulan yang Mengelilingi Bumi?

Info Astronomy - Banyak orang mungkin tidak menyadari betapa pentingnya Bulan bagi kita di Bumi. Bulan bukan hanya seonggok batuan besar yang kita amati setiap malamnya di langit. Tapi, apa sebenarnya fungsi Bulan?

Menurut EarthSky.org, bukti dari rekaman fosil dengan jelas menunjukkan bahwa semua kehidupan di Bumi dimulai dari lautan. Pada tahap tertentu, tanaman dan makhluk hidup mulai beradaptasi untuk hidup di darat. Dari kehidupan darat paling awal, mereka semua kini telah berevolusi.

Pertanyaan kuncinya adalah, bagaimana bentuk kehidupan paling awal dapat meninggalkan lingkungan laut dan beradaptasi untuk hidup di darat? Hampir bisa dipastikan bahwa Bulan memainkan peran vital dalam transisi ini.

Gelombang Laut
Karena kedekatannya dengan Bumi, Bulan menyebabkan timbulnya tarikan gravitasi yang kuat di Bumi. Gaya tarik gravitasi inilah yang menyebabkan lautan naik dan turun dalam apa yang kita sebut sebagai gelombang pasang surut.

Efek aliran pasang surut paling terlihat di garis pantai. Dua kali setiap hari, permukaan air naik dan kemudian surut lagi. Setiap kali laut surut, banyak tanaman dan organisme hewan yang terdampar di pantai atau menempel pada batuan di sana.

Organisme yang terdampar tersebut pun harus beradaptasi untuk hidup di luar lingkungan air mereka. Akhirnya, ketika sudah banyak organisme yang berhasil beradaptasi untuk menghabiskan seluruh waktunya di luar laut, muncullah kehidupan di darat.
Tanpa kehadiran Bulan, gelombang pasang surut akan hampir tidak akan terjadi sehingga akan ada lebih sedikit kesempatan bagi makhluk laut untuk beradaptasi dengan lingkungan darat. Memang, ada kemungkinan bahwa kehidupan di darat dapat berkembang tanpa gelombang pasang surut, tetapi tidak mungkin akan terjadi secepat (secara relatif) ketika ada Bulan.

Iklim
Bulan rupanya juga memengaruhi iklim Bumi. Gravitasi Bulan memiliki efek yang telah memperlambat rotasi Bumi selama ini. Jika rotasi Bumi lebih cepat, maka setiap hari akan terasa lebih pendek.

Nah, hari-hari yang lebih pendek akan menyebabkan suhu di Bumi turun drastis karena Matahari hanya punya sedikit waktu untuk bisa menghangatkan Bumi. Turunnya suhu Bumi akan berdampak buruk. Bukan hanya kita akan kedinginan, tetapi juga akan berdampak besar pada produksi pangan.

Penanda Awal Kalender
Fungsi Bulan lainnya adalah sebagai penanda awal kalender yang berbasis pergerakan Bulan, salah satunya kalender Hijriah. Pada kalender ini, awal bulan ditentukan dengan kapan Bulan mencapai fase Bulan baru, bisa dengan diamati atau melalui perhitungan saja.

Tanpa adanya Bulan, penentuan awal kalender Hijriah mungkin sulit dilakukan, atau juga mungkin tidak akan pernah ada kalender Hijriah, yang ada hanya kalender Masehi yang berbasis pergerakan Bumi dalam mengelilingi Matahari.

Nah, itulah beberapa fungsi Bulan yang mengelilingi Bumi kita. Sebuah benda langit sebenarnya tidak selalu memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan kita, tapi bukan berarti mereka tidak ada manfaatnya sama sekali.
BERIKAN KOMENTAR ()