Yuk Kirim Namamu ke Mars Bersama Robot Penjelajah Baru NASA!

Info Astronomy - Dalam rangka persiapan misi peluncuran wahana penjelajah robotik baru ke Planet Mars pada tahun 2020 mendatang, Lembaga Antariksa AS (NASA) mengundang publik untuk mengirim namanya.

Bernama Mars 2020 (atau disebut juga M2020), robot penjelajah tersebut akan lebih canggih dibandingkan dengan robot penjelajah Curiosity yang telah mendarat di Mars sejak tahun 2012 silam. Nantinya, nama-nama yang dikirim oleh publik akan disisipkan ke dalam chip yang disematkan pada badan M2020.

Robot penjelajah nirawak tersebut sendiri dijadwalkan untuk diluncurkan pada Juli 2020 mendatang, dengan perkiraan tiba mendarat di Planet Merah pada Februari 2021.

M2020 merupakan robot seukuran mobil dengan bobot di Bumi sekitar 1.000 kilogram. Ia akan ditugaskan untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba yang pernah atau masih hidup di Mars, mencirikan iklim dan geologi Mars, serta mengumpulkan sampel untuk dikirimkan kembali ke Bumi. M2020 juga akan membuka jalan misi pendaratan manusia di Mars.

Robot penjelajah ini nantinya akan dimanuver untuk mendarat di kawah Jezero, planet Mars. Kawah yang diyakini para astronom menyimpan misteri masa lalu Mars yang berair dan kaya akan kehidupan mikroba. M2020 akan menguji kelaikhunian Mars di kawah tersebut.

Pada akhirnya, misi utama M2020 adalah untuk membantu NASA mempersiapkan misi pendaratan manusia di Mars dalam jangka panjang. M2020 akan melakukan pengukuran dan demonstrasi teknologi yang nantinya bakal manusia gunakan selama menjalani misi di Mars. Tak ketinggalan, M2020 akan menguji teknologi untuk menghasilkan sejumlah kecil oksigen murni (O₂) dari karbon dioksida di atmosfer (CO₂).
"Ketika kita bersiap untuk meluncurkan misi ke Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang 'ikut' dalam eksplorasi ini," kata Thomas Zurbuchen, pemimpin ilmuwan untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington.

Kesempatan untuk mengirim nama kamu ke Mars dibuka secara cuma-cuma oleh NASA. Nantinya, kamu bahkan akan mendapatkan semacam "boarding pass" sebagai souvenir dan bukti bahwa namamu akan disematkan pada chip di M2020.

Tenang, namamu akan aman dan tidak akan ditemukan oleh alien, kecuali aliennya punya kecerdasan tinggi yang membuatnya bisa menerjemahkan chip yang tertanam dalam M2020 ya. Tapi sayangnya, sejauh ini diketahui bahwa Mars adalah planet yang nirpenghuni.

Pendaftaran pengiriman nama untuk M2020 akan ditutup pada 30 September 2019, kamu dapat mengirimkan nama kamu lewat tautan ini: NASA.gov/Mars2020Pass
BERIKAN KOMENTAR ()