Saran pencarian

Asteroid Besar Bersatelit akan Lintas Dekat Bumi pada 26 Mei

Sebuah asteroid besar sekarang bergerak mendekati daerah dekat Bumi. Uniknya, asteroid ini tidak sendiri, melainkan ditemani oleh asteroid yang lebih kecil sebagai satelit alaminya. Apakah berbahaya bagi planet kita?
Info Astronomy - Sebuah asteroid besar sedang bergerak mendekati daerah dekat Bumi. Uniknya, asteroid ini tidak sendiri, melainkan ditemani oleh asteroid yang lebih kecil sebagai satelit alaminya. Apakah berbahaya bagi planet kita?

Menurut EarthSky.org, dikatalogkan sebagai (66391) 1999 KW4, asteroid bersatelit ini akan terbang lintas dekat Bumi pada 26 Mei 2019 pukul 06:05 WIB. Diameter duo asteroid ini diketahui masing-masing sekitar 1,5 kilometer dan 500 meter.

1999 KW4 sendiri merupakan jenis asteroid Aten, yakni batuan ruang angkasa yang orbitnya memotong orbit Bumi kita. Dalam bergerak mengelilingi Matahari, orbitnya bisa membawa asteroid ini berada di antara orbit Venus dan Bumi. Ia melakukan sekali mengelilingi Matahari setiap 6,18 bulan (188 hari).

Nantinya, selama berada di titik terdekat dengan Bumi pada 26 Mei 2019, asteroid bersatelit ini akan melintas pada jarak yang sangat aman dari planet kita, sekitar 5.182.015 km (ya, lima juta seratus delapan puluh dua ribu lima belas kiloemeter), atau sekitar 13,5 kali jarak Bumi-Bulan. Jadi, asteroid ini tidak berbahaya. Waspadai hoaks yang bilang kalau asteroid ini akan menabrak Bumi ya!

Rencananya, para astronom di seluruh dunia juga berencana untuk mengamati asteroid ini. Tapi karena berjarak sangat jauh, pengamatan yang dilakukan nantinya adalah melalui pengamatan radar. Observatorium Arecibo di Puerto Rico akan mulai asteroid ini pada 29 Mei hingga 7 Juni dengan radar untuk meneliti bentuknya hingga meneliti asal-usulnya

Ya, sisi menarik dari asteroid 1999 KW4 adalah bentuknya. Asteroid terbesar dalam sistem ini memiliki bentuk bulat pepat dengan ekuatornya yang menggembung, mirip seperti asteroid Bennu dan Ryugu. Sementara itu, asteroid satelitnya berbentuk sedikit lonjong, dan butuh waktu sekitar 16 jam untuk sekali mengitari asteroid yang lebih besar.

1999 KW4 ditemukan oleh para astronom di Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di Socorro, New Mexico, pada tahun 1999. Ia telah diklasifikasikan sebagai objek dekat Bumi dan objek yang berpotensi berbahaya oleh Minor Planet Center.

Namun, orbit batu ruang angkasa ini sangat melebar, dan sejauh ini telah diketahui bahwa ia tidak akan menimbulkan risiko bagi Bumi setidaknya hingga 1.000 tahun ke depan. Jarak paling dekat yang bisa dicapai asteroid ini dari Bumi adalah lima kali jarak Bumi-Bulan.

Setelah 26 Mei 2019 ini, jarak terdekat yang dicapai oleh asteroid 1999 KW4 terhadap Bumi akan terjadi lagi pada 25 Mei 2036.

Fakta menarik: Setelah asteroid 1999 KW4, tidak ada asteroid besar lagi yang diketahui yang akan mendekati planet kita pada jarak dekat hingga tahun 2027. Pada 6 Juni 2027, asteroid 4953 (1990 MU) , batuan angkasa selebar 4 hingga 9 km akan melewati Bumi dengan aman pada jarak 12 kali jarak Bumi-Bulan, dan akan kembali lagi pada tahun 2058 pada jarak 9 kali jarak Bumi-Bulan.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com