Lubang Hitam yang Berhasil Dicitrakan Kini Punya Nama

Info Astronomy - Berkat delapan teleskop radio terkuat di muka Bumi, pekan lalu para astronom untuk pertama kalinya mengungkap citra pertama sebuah lubang hitam yang berjarak sekitar 55 juta tahun cahaya di galaksi M87.

Menurut para astronom, ini merupakan salah satu penemuan ilmiah terbesar di zaman kita. Bagaimana tidak, lubang hitam telah lama diamati secara tidak langsung, dan sekarang akhirnya kita dapat melihat wujudnya.

Baca Juga: Mengapa Citra Pertama Lubang Hitam Tampak Buram?

Untuk merayakan pencitraan lubang hitam untuk pertama kalinya ini, para astronom dari Event Horizon Telescope memutuskan untuk menamai sang lubang hitam: Pōwehi.

Hemm, apa arti dari nama itu, ya?

Penamaan ini berkolaborasi dengan profesor bahasa, Larry Kimura, yang mengambil nama untuk lubang hitam bermassa 6,5 miliar kali massa Matahari ini dari nyanyian kuno Hawaii yang disebut Kumulipo, yang catatan tertulisnya paling awalnya berasal dari dokumen abad ke-18 yang menggambarkan penciptaan alam semesta.

"Kumulipo juga terdiri dari dua kata: kumu yang berarti sumber, dan lipo yang berarti kegelapan. Jadi, secara harfiah sumber kegelapan," kata Kimura seperti dilansir IFLScience. "Pōwehi terdiri dari dua kata, po dan wehi. Pō memiliki makna yang sangat dalam, yang pada dasarnya kegelapan yang sangat kuat dan tak ada habisnya dalam kekuatan penciptaannya."

Kimura menambahkan bahwa Pō berarti kegelapan di mana alam semesta diciptakan saat wehi, atau wehiwehi, yang memiliki artri "dihormati dengan cahaya".

Dengan kata lain, kita dapat mengartikan Pōwehi sebagai kegelapan yang ditemukan dengan cahaya. Cukup cocok untuk lubang hitam yang pertama kali dicitrakan ini karena para astronom dapat menemukannya melalui cakram akresinya yang bercahaya.

Tapi, mengapa diambil dari istilah Hawaii? Dua dari delapan teleskop yang digunakan untuk mengidentifikasi Pōwehi terletak di atas gunung Maunakea di Pulau Hawaii. Para astronom sepakat bahwa dengan demikian, nama dari istilah Hawaii lah yang dipilih.