Mengenal Omega Centauri, Gugus Bintang Terbesar di Bimasakti

Info Astronomy - Memiliki massa hampir 5 juta kali massa Matahari, inilah gugus bintang terbesar dan terpadat di galaksi Bimasakti, Omega Centauri.

Berdiameter sekitar 150 tahun cahaya, gugus bintang ini kemungkinan memiliki anggota sekitar 10 juta bintang. Dengan kata lain, 10 juta bintang tersebut berada dalam wilayah yang hanya seluas 150 tahun cahaya saja. Jarak antarbintangnya pun hanya 0,1 tahun cahaya satu sama lain.

Yang menarik adalah, bila umumnya sebuah gugus bintang memiliki anggota bintang dengan usia dan komposisi yang identik, penelitian terhadap Omega Centauri mengungkapkan bahwa gugus bintang yang satu ini memiliki populasi bintang yang berbeda yang terbentuk pada periode waktu yang berbeda-beda pula.

Apa penyebabnya? Menurut para astronom, mungkin saja Omega Centauri merupakan sisa dari galaksi kecil yang mengalami merger atau bergabung dengan galaksi Bimasakti.

Melihat Omega Centauri
Menjadi gugus bintang terbesar dan paling terang di galaksi Bimasakti, Omega Centauri rupanya dapat diamati dengan atau tanpa teleskop dari permukaan Bumi, lho~

Dari wilayah ekuator hingga belahan Bumi selatan seperti di Indonesia, Omega Centauri akan muncul pada posisi yang cukup tinggi di langit. Gugus ini paling baik dilihat di langit malam dmulai akhir April, Mei, hingga akhir Juni.

Sekitar pertengahan Mei, gugus bintang yang menakjubkan ini akan berada di atas kepala saat tengah malam, membuatnya terbit ketika Matahari terbenam. Pada pertengahan Juni, Omega Centauri akan muncul di langit atas kepala agak ke selatan sekitar pukul 10 malam.

Bagaimana cara menemukannya? Cukup temukan rasi bintang Centaurus. Kamu juga bisa menggunakan jasa Spica, bintang paling terang di rasi bintang Virgo, yang berfungsi sebagai bintang pemandu kita untuk menemukan Omega Centauri.

Hal itu dikarenakan kedua benda langit tersebut berada pada sudut yang tidak berjauhan dalam pandangan dari Bumi. Tapi untuk lebih mudahnya lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh secara gratis, seperti misalnya Stellarium, Sky Map, ataupun Starry Night.

Berjarak sekitar 15.800 tahun cahaya dari Bumi, Omega Centauri adalah salah satu dari sedikitnya 200 gugus bintang bola galaksi yang dapat terlihat oleh mata tanpa bantuan teleskop.
BERIKAN KOMENTAR ()