Melihat Bintang Sirius di Langit Siang

Info Astronomy - Siapa bilang kita tidak bisa melihat bintang di siang hari? Selain melihat Matahari (yang juga merupakan bintang), kita bisa melihat bintang Sirius di langit siang, lho!

Kamu mungkin sudah tahu bahwa planet Venus bisa terlihat dengan mata telanjang pada siang hari. Nah, belum banyak yang tahu kalau bintang Sirius, meskipun 13x lebih redup dari Venus, juga bisa terlihat.

Sirius adalah bintang paling terang, lebih terang dari bintang-bintang lainnya yang bisa kita amati di langit malam. Walau begitu, untuk melihatnya dengan mata telanjang saat Matahari sudah bertengger di langit merupakan sebuah tantangan tersendiri, namun bukan berarti hal itu mustahil dilakukan.

Menurut Sky & Telescope, Sirius dapat dilihat di langit siang hari jika kita tahu persis di mana letak persisnya dan bisa memilih waktu yang tepat: yakni saat Sirius berada di titik quadratur, terletak tepat di atas meridian saat Matahari terbit atau terbenam. Quadratur dini hari terjadi pada awal Oktober dan quadratur senja terjadi pada akhir Maret.

Dengan kata lain, salah satu peluang terbaik untuk melihat Sirius di langit siang sedang terjadi saat ini, saat artikel ini diterbitkan~

Karena berada di quadratur senja di Maret ini, Sirius bisa kita lihat di langit yang masih biru beberapa menit sebelum Matahari terbenam. Ia akan menjadi bintang pertama yang terlihat di langit daripada bintang-bintang lainnya saat itu, persis seperti gambar di bawah ini:
Mau coba menemukan bintang Sirius saat langit masih biru? Mulailah pengamatanmu pada Maret ini sejak pukul 18:00 waktu setempat daerahmu. Amati langit timur. Sirius akan berada pada ketinggian sekitar 60 hingga 65 derajat dari cakrawala.

Kenampakannya? Tentu seperti bintik putih terang yang berkelap-kelip. Jika cuaca daerahmu cukup cerah saat kamu melakukan pengamatan, Sirius akan menjadi satu-satunya bintang pada pukul 18:00 sore yang terlihat pertama kali.

Untuk membantumu menemukan bintang Sirius, kamu bisa menggunaakan program atau aplikasi peta langit yang bisa diunduh di toko aplikasi. Pada artikel ini, saya menggunakan Stellarium, aplikasi peta langit gratis untuk komputer atau laptop. Unduh dan buka aplikasi tersebut, lalu pilih daerah tempatmu tinggal. Temukan waktu Matahari terbenam lalu carilah letak Sirius.

Setelah kamu mengetahui arah dan ketinggian Sirius yang tepat, ambil kompas dan pergilah ke luar rumah untuk mencoba mengamatinya secara langsung. Kompas akan membantumu mengetahui arah mata angin. Tapi jika kamu sudah paham akan arah mata angin, kompas tidak terlalu dibutuhkan.

Semoga berhasil menemukan Sirius!
BERIKAN KOMENTAR ()