8 Maret 2019, Sebuah Asteroid Akan Terbang Lintas Dekat Bumi

Jumat besok, sebuah asteroid akan terbang lintas dekat Bumi. Seberapa dekat dan adakah dampaknya bagi planet kita?
Info Astronomy - Pekan ini, menurut informasi dari proyek pengamatan Asteroid Dekat Bumi NASA, sebuah asteroid akan terbang lintas dekat Bumi. Pertanyaan sejuta umat: adakah dampaknya bagi planet kita?

Seonggok batu antariksa ini dikatalogkan sebagai 2019-DN. Ia diperkirakan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada Jumat, 8 Maret 2019 mendatang pukul 23:19 WIB. Pada jarak terdekatnya nanti, sang asteroid masih akan berada pada jarak sekitar 13 kali jarak Bumi-Bulan (380.000 kilometer × 13), atau sekitar 0,035 AU.

Dengan jarak sejauh itu, jelas bahwa asteroid ini memiliki sedikit kemungkinan untuk dapat menabrak Bumi selama terbang lintas dekatnya. Jadi, tidak perlu khawatir dan termakan berita hoaks, ya.

NASA memperkirakan, asteroid ini memiliki lebar antara 91 hingga 200 meter. Dengan ukurannya yang lumayan besar itu, NASA memberikan kategori "asteroid berpotensi berbahaya" bagi asteroid ini. Berbahaya di sini hanya karena ukurannya yang besar, bukan berarti akan bergerak mencium permukaan Bumi.
Sebagai perbandingan, asteroid besar yang sempat meledak langit Chelyabinsk, Rusia pada tahun 2013 lebarnya sekitar 20 meter. Kala itu, asteroid Chelyabinsk menjadi bola api yang meledak di atmosfer dengan kekuatan yang setara dengan lebih dari 400 kiloton TNT, merusak ribuan bangunan dan melukai sekitar 1.500 orang di bawahnya.

Oh iya, 2019-DN bukan satu-satunya asteroid besar yang akan terbang lintas dekat Bumi pada bulan ini. tetapi ada juga 2019-CD5 yang sedikit lebih besar, berukuran 100 hingga 230 meter, akan terbang lintas dekat Bumi pada 20 Maret 2019 dengan jarak yang sedikit lebih dekat dari 2019-DN.

Meskipun ada begitu banyak asteroid dekat Bumi yang belum ditemukan, sebagian besar dari mereka kemungkinan besar tidak berbahaya.

"Sangat sedikit dari objek-objek ini yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi Bumi, tetapi semakin kita tahu dan memahami mereka, semakin siap kita untuk mengambil langkah-langkah yang tepat jika ada yang sedang menuju ke arah planet kita," tulis rilis pers resmi NASA.

Untuk mengetahui daftar asteroid apa saja yang akan terbang lintas dekat Bumi, kamu bisa simak pembaruannya dengan mengunjungi tautan ini.