Trip Astronomi volume 01: Ranca Upas

Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat bentangan galaksi Bimasakti di langit malam? Memang, tidak semua orang bisa cukup beruntung untuk melihatnya, sebab dibutuhkan langit yang gelap tanpa polusi cahaya.

Oh iya, sudah tahu apa itu bentangan galaksi Bimasakti? Mari kita mengenal dulu apa itu galaksi kita.

Galaksi Bimasakti adalah satu dari setidaknya 100 miliar galaksi di alam semesta. Di Bimasakti sendiri, sedikitnya diperkirakan ada sekitar 100 miliar bintang. Setiap bintang yang dapat kamu lihat dengan mata tanpa bantuan alat optik di langit malam merupakan bintang-bintang yang terletak di dalam Bimasakti.

Satu-satunya objek yang dapat kamu lihat (tanpa bantuan optik) di langit malam yang bukan merupakan anggota Bimasakti adalah Galaksi Andromeda, galaksi spiral tetangga yang berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

Nah, ketika kebanyakan orang berbicara tentang "melihat Bimasakti", itu artinya adalah melihat inti galaksi kita. Terletak di arah rasi bintang Sagitarius, inti galaksi tersebut merupakan bagian paling terang dari Bimasakti. Jalur debu, nebula, dan gugusan bintang semuanya terkonsentrasi di area ini.

Nah, di tahun 2019, area inti galaksi Bimasakti paling baik diamati mulai April hingga Agustus. Pengamatan di waktu-waktu tersebut dimungkinkan karena area inti galaksi Bimasakti sudah terbit saat awal malam hingga dini hari, serta musim juga sudah mulai kemarau.

Tapi, walaupun sudah masuk waktu ideal dan cuaca sudah mendukung, tidak semua wilayah di Bumi bisa mengamati bentangan galaksi Bimasakti. Hanya wilayah-wilayah yang jauh dari gemerlap lampu perkotaan lah yang bisa. Seperti di pegunungan, pantai, atau pedesaan.

Nah, atas sebab itulah InfoAstronomy.org mengadakan acara pengamatan bentangan galaksi Bimasakti di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Mau ikut?
Langit malam di Ranca Upas. Kredit: Bastian Lambok
Acara tersebut bertajuk "Trip Astronomi volume 01: Ranca Upas". Ranca Upas kami pilih karena lokasinya yang masih minim polusi cahaya, membuat langit malamnya penuh bintang dan memudahkan kita untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti!

Trip Astronomi volume 01 akan diadakan pada Sabtu-Minggu, 20-21 April 2019. Selain mengamati dan belajar memotret bentangan galaksi Bimasakti, di acara itu juga akan dilakukan pengamatan puncak hujan meteor Lyrid dan pengamatan benda-benda langit dengan teleskop. Iya, teleskop. Kami akan menyediakannya bagi peserta.

Pendaftaran Trip Astronomi volume 01 telah dibuka. Silakan klik tautan ini untuk info lengkap dan mendaftarkan dirimu: trip.infoastronomy.org/rancaupas

SEE YOU UNDER THE STARS!
BERIKAN KOMENTAR ()