Meneliti Asteroid ala Jepang

Info Astronomy - Lembaga antariksa Jepang melakukan sesuatu yang luar biasa pekan ini. Wahana antariksa nirawaknya yang bernama Hayabusa2 berhasil mendarat di sebuah asteroid, mengumpulkan sampel, lalu melompat lagi.

Tak ingin disimpan sendiri, JAXA yang menjadi lembaga antariksa Jepang itu pun merilis foto-foto epik permukaan asteroid bernama Ryugu dari kamera yang terpasang pada Hayabusa2.

Hayabusa2 sendiri tiba orbit Ryugu pada bulan Juni tahun lalu. Sesampainya di orbit sang asteroid, Hayabusa2 menerjunkan sepasang penjelajah kecil seukuran kue bulan yang khas saat Imlek itu untuk menjelajahi Ryugu sejak September 2018.

Tetapi, wahana antariksa Hayabusa2 tidak tiba di Ryugu hanya untuk menjatuhkan robot penjelajah. Bagian paling menarik dari misi Hayabusa2 adalah yang baru saja berhasil dilakukan ini: mengambil lalu membawa sampel asteroid kembali ke Bumi.

Tepat pada 22 Februari 2019 kemarin, Hayabusa2 menyentuh permukaan asteroid Ryugu untuk pertama kalinya, lalu menembakkan semacam peluru ke arahnya.

Ya, peluru. Hayabusa2 menembakkan peluru tantalum pada kecepatan 300 meter per detik ke permukaan asteroid. Ketika peluru mengenai permukaan asteroid, material debu di sana akan terhempas keluar, lalu masuk diserap oleh instrumen pengumpul sampel pada Hayabusa2. Cara yang keren untuk belajar asteroid, bukan?
Secara keseluruhan, pertemuan Hayabusa2 dengan Ryugu tercatat memakan waktu kurang dari satu menit. Gambar di atas sendiri baru diambil satu menit setelah Hayabusa2 mendarat, ketika sang wahana antariksa tersebut telah memantul kembali dari asteroid, pada ketinggian sekitar 25 meter.

Gambar di atas menunjukkan adanya bayangan wahana antariksa Hayabusa2 saat sedang kembali naik ke orbit Ryugu.

Di bawah ini lebih jelas, gambar ditandai dengan lingkaran ungu yang menunjukkan situs pendaratan Hayabusa2 sebelum (kiri) dan setelah (kanan) wahana antariksa tersebut mengambil sampel. Panah merah menunjuk ke penanda sasaran peluru.
Menurut informasi pada situs web resmi JAXA, pendaratan Hayabusa2 di Ryugu pada 22 Februari 2019 kemarin ini masih merupakan yang pertama dari tiga kali pengumpulan sampel, yang berarti akan ada dua lagi sebelum Hayabusa2 mengucapkan selamat tinggal kepada Ryugu dan memulai perjalanan pulang yang panjang pada bulan Desember tahun ini untuk kembali ke Bumi.

Sangat menarik tentunya melihat sebuah wahana antariksa mengambil sampel dari asteroid. Dan, tentu saja, apa yang akan kita pelajari dari sampel Ryugu yang siap dibawa ke Bumi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan umat manusia.

Ganbatte kudasai, Hayabusa2!