Cek Cuaca di Mars Secara Real Time

Info Astronomy - Mengecek cuaca hari ini di Bumi mungkin sudah biasa. Pernahkah kamu tahu seperti apa cuaca di Mars? Berkat wahana antariksa InSight milik NASA yang mendarat di Mars pada November 2018, kita sekarang dapat melihat laporan cuaca harian dari Planet Merah.

Saat artikel ini ditulis, menurut laporan cauca harian tersebut, suhu di permuakaan Mars mencapai rata-rata -61° Celsius!

Misi InSight sendiri memiliki tujuan utama untuk meneliti interior Mars. Mendarat di permukaan tanah yang rata di dekat ekuator Mars yang dikenal sebagai Elysium Planitia, robot tersebut dilengkapi instrumen untuk mengukur suhu, angin, dan tekanan atmosfer di sana.

Nah, suhu dingin yang dideteksi oleh InSight ini disebabkan karena ia mendarat di area utara ekuator Mars, yang mana saat ini sedang mengalami musim dingin. Cuaca juga cukup berangin di sana, dengan kecepatan angin rata-rata mencapai 5,4 m/d.

Sayangnya (atau untungnya), karena InSight berada tak jauh dari ekuator, tidak akan terjadi badai di sana. Badai di Mars biasanya terjadi pada 60 derajat lintang utara. InSight hanya bisa mendeteksi angin-angin kencang yang disebabkan oleh terbentuknya badai tersebut.
Menurut data yang dikumpulkan oleh InSight, suhu rata-rata terdingin di Mars mencapai sekitar -95° Celsius, di mana suhu ini terasa pada dini hari sekitar jam 5 pagi Mars. Sama seperti di Bumi, ketika Matahari mulai terbit, suhu di permukaan bisa menghangat hingga sekitar -5° Celsius.

Selain mampu meramalkan sistem cuaca, InSight juga saat ini sedang merekam aktivitas tektonik dan dampak tumbukan meteorit secara real-time di permukaan Mars. Beberapa instrumen InSight juga sudah diaktifkan untuk memantau kerak, mantel, dan inti planet tetangga Bumi kita tersebut.

Nantinya, data-data ilmiah dari InSight akan sangat berharga untuk misi-misi masa depan, seperti misi mendaratkan manusia di Mars.

Oh iya, untukmu yang ingin mengecek laporan cuaca di Mars hari ini, silakan klik di sini.
BERIKAN KOMENTAR ()