Planet-planet Segaris Lurus di Tata Surya, Bisakah?

Info Astronomy - Seperti yang kita tahu, planet-planet melakukan gerak revolusi mengelilingi Matahari dengan kecepatan yang berbeda-beda tergantung jaraknya. Lalu, bisakah semua planet berada segaris lurus? Dan adakah efeknya bagi Bumi bila hal itu terjadi?

Sayangnya, secara praktiknya,planet-planet di tata surya kita tidak pernah bisa berbaris dalam satu garis lurus sempurna seperti yang ditampilkan pada gambar di atas. Anoginya, bila bidang ekliptika Matahari adalah selembar kertas, maka bidang orbit planet-planet di tata surya ada yang berada pada kertas itu, ada yang di atas kertas, maupun ada juga yang di bawah kertas.

Karena pada kenyataannya, planet-planet tidak mengorbit di bidang orbit yang sama. Mereka berputar mengelilingi Matahari pada bidang orbit yang berbeda dalam ruang tiga dimensi. Karena itulah mereka tidak akan pernah sejajar sempurna.

Perhatikan infografik sederhana di bawah ini:
Nah, walaupun tidak bisa sejajar sempurna, keselarasan planet bisa saja terjadi. Walau begitu, peristiwa keselarasan planet tidak akan memiliki dampak negatif pada Bumi kita.

Biasanya, dalam fiksi ilmiah ataupun pseudo-sains, diklaim bahwa keselarasan planet bisa membuat gravitasi planet-planet bertambah, terutama pada Bumi sehingga dapat mengganggu kehidupan di Bumi. Faktanya, hal tersebut adalah keliru.

Tarikan gravitasi dari planet-planet lain terhadap Bumi sangatlah lemah, sehingga tidak memiliki efek signifikan terhadap kehidupan Bumi. Hanya ada dua objek tata surya dengan gravitasi yang cukup besar untuk bisa mempengaruhi Bumi secara signifikan: Bulan dan Matahari.

Gravitasi Matahari sangat kuat karena Matahari sangat besar, sementara efek gravitasi Bulan terhadap Bumi sangat kuat karena Bulan berjarak sangat dekat.

Gravitasi Matahari menyebabkan Bumi bisa mengelilingi Matahari. Dikombinasikan dengan kemiringan sumbu rotasi Bumi, maka yang terjadi adalah adanya perubahan musim. Di sisi lain, gravitasi Bulan bertanggung jawab atas terjadinya pasang surut pada lautan di Bumi. Ketika Matahari-Bumi-Bulan berada segaris lurus, kombinasi gravitasinya bisa menyebabkan pasang pada lautan di Bumi.

Selain Matahari dan Bulan, tidak ada lagi benda langit lain yang cukup signifikan untuk bisa mempengaruhi gravitasi Bumi. Bahkan, sang raja planet Jupiter, planet terbesar di tata surya kita, tidak memiliki efek gravitasi apapun kepada planet kita.

Oke, jadi kapan seluruh planet di tata surya akan segaris lurus? Yang paling dekat, keselarasan delapan planet di tata surya (tidak termasuk Pluto karena sekarang dianggap sebagai planet kerdil) akan terjadi pada 6 Mei 2492. Sekali lagi, pada tanggal ini, planet-planet itu tidak akan terletak segaris lurus sempurna dan tidak akan menimbulkan efek negatif pada Bumi kita.


Sumber: wtamu.edu
BERIKAN KOMENTAR ()