Bentuk Asli Ultima Thule Terungkap

Info Astronomy - Sempat dianggap berbentuk seperti bola bundar yang saling menempel seperti manusia salju, sebuah objek Sabuk Kuiper yang secara resmi disebut MU69, atau Ultima Thule, rupanya berbentuk lebih mirip seperti panekuk yang pipih.

Bukan tanpa alasan para astronom pada awalnya menganggap Ultima Thule berbentuk mirip manusia salju. Sebab bila kita melihat gambar pertamanya (yang bisa kamu lihat di atas), ia memang tampak seperti dua lobus besar yang saling menyatu.

Namun, setelah analisis lebih lanjut, hasilnya telah mengubah pandangan terhadap Ultima Thule sepenuhnya. Ia bukan berbentuk seperti manusia salju.

Dalam 14 gambar berbeda yang diambil oleh wahana antariksa New Horizons, para astronom mengonfirmasi bahwa dua bagian dari Ultima Thule tidak berbentuk bola. Bagian yang lebih besar, yang dijuluki sebagai "Ultima", lebih mirip pancake raksasa. Sementara bagian yang lebih kecil, dijuluki "Thule", berbentuk seperti kenari.
"Kami pada awalnya mengira Ultima Thule berbentuk mirip manusia salju berdasarkan pada terbatasnya jumlah gambar yang kami terima (dari New Horizons) pada hari-hari pertama terbang lintas dekat, tetapi setelah melihat lebih banyak gambar yang datang, rupanya Ultima Thule sangat berbeda," kata Alan Stern, kepala peneliti New Horizons.

"Ultima Thule berbentuk lebih datar, seperti panekuk. Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana benda semacam itu dapat terbentuk? Kami belum pernah melihat sesuatu seperti ini yang mengorbit Matahari."

Gambar Ultima Thule yang diambil dari sudut yang berbeda itu (lihat gambar di bawah) dipotret pada 1 Januari pukul 05:42:42 UT, ketika New Horizons berada sejauh 8.862 kilometer di luar Ultima Thule, dan 6,6 miliar kilometer dari Bumi.
Dengan mengamati bagaimana Ultima Thule menghalangi cahaya bintang latar belakang dalam 14 gambar yang diperoleh dari New Horizons, para astronom dapat memetakan bentuk Ultima Thule tersembunyi karena tidak diterangi oleh sinar Matahari.

Para astronom berharap dengan mempelajari bentuk Ultima Thule lebih jauh dapat membantu mereka memahami bagaimana planet terbentuk. Objek-objek yang jauh seperti Ultima Thule ini dianggap sebagai salah satu objek tertua di tata surya, sehingga memahami bentuknya yang aneh itu dapat membantu para astronom menghasilkan teori-teori baru tentang seperti apa cikal-bakal planet.
BERIKAN KOMENTAR ()