Bantu Astronom Menamai 5 Bulan Baru Jupiter

Info Astronomy - Pada Juli 2018, astronom Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science mengumumkan penemuan 12 bulan baru yang mengorbit Jupiter, membuat total jumlah bulan yang diketahui mengelilingi Jupiter mencapai 79, jumlah terbanyak dari planet mana pun di tata surya kita.

Nah, baru-baru ini, kamu dapat membantu Sheppard dan rekan-rekan penemunya untuk memilih nama bagi kelima bulan yang baru diumumkan penemuannya tersebut, yakni yang kini masih dinamai sebagai S/2003 J5 (Jupiter LVII), S/2003 J15 (Jupiter LVIII), S/2003 J3 (Jupiter LX), S/2017 J4 (Jupiter LXV), dan S/2018 J1 (Jupiter LXXI). Mau berpartisipasi?

Kontes penamaan ini sudah dibuka sejak 21 Februari 2019 kemarin, dan akan ditutup pada 15 April 2019. Untuk mengikutinya, caranya pun cukup mudah. Cukup twit nama bulan yang kamu usulkan ke akun Twitter @JupiterLunacy dan informasikan mengapa kamu mengusulkan nama itu dalam 280 karakter atau lebih. Jangan lupa untuk memasukkan tagar #NameJupitersMoons juga.

Nah, setiap kontes pasti ada ketentuannya, termasuk kontes penamaan ini. Kamu wajib mengikutinya tuh biar usulan namamu bisa terpilih.

Seperti dikutip dari EarthSky, ketentuannya adalah: Pertama, bulan-bulan milik Jupiter harus dinamai sesuai dengan karakter dari mitologi Romawi atau Yunani yang merupakan keturunan dewa yang dikenal sebagai Jupiter (Romawi) atau Zeus (Yunani).

Kedua, nama yang diusulkan maksimal terdiri dari 16 karakter dan hanya dalam satu kata saja. Ketiga, usulan nama tidak boleh bersifat ofensif dalam bahasa apa pun atau budaya apa pun. Keempat, nama tidak boleh sama dengan nama-nama asteroid atau bulan yang sudah ada saat ini.

Kelima, nama yang bersifat komersial tidak diperbolehkan, begitu pula nama yang diambil dari nama-nama seseorang, tempat, atau peristiwa yang terutama berkaitan dengan politik, militer, atau keagamaan juga tidak boleh. Terakhir, nama yang diambil dari nama orang yang masih hidup akan langsung ditolak. Jadi, jangan mengusulkan nama dari nama kekasihmu, ya. Apa lagi baru gebetan~

Nah, ketentuannya cukup mudah, kan?

Nama-nama bulan atau asteroid yang saat ini sudah diresmikan International Astronomical Union bisa kamu lihat di sini atau di sini, untuk memastikan kalau usulan namamu belum pernah digunakan.
BERIKAN KOMENTAR ()