Mengawali 2019 Bersama Bulan, Venus, dan Jupiter

Info Astronomy - Bangunlah lebih pagi pada awal tahun 2019. Bila cuaca cerah, kita berkesempatan melihat Bulan, Venus, dan Jupiter yang membentuk formasi segaris lurus di langit.

Tiga objek paling terang di langit malam ini bisa diamati di langit arah timur mulai pukul 04:30 waktu setempat daerahmu sampai Matahari terbit. Pastikan pandangan ke arah timur tidak terhalang bangunan tinggi atau pegunungan karena posisi Jupiter masih cukup rendah nantinya.

Bulan, Venus, dan Jupiter bisa terlihat di langit Bumi karena mereka memantulkan cahaya yang diterima dari Matahari. Dengan kata lain, kita sebenarnya sedang mengamati sisi siang hari dari ketiga objek langit tersebut.

Fenomena ini juga bukan merupakan tanda bencana, karena memang kenampakan planet adalah hal biasa dan setiap hari dalam setahun juga selalu terjadi.

Di tata surya, planet-planet yang cukup terang untuk bisa diamati dengan mata telanjang di antara lain adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Sementara itu Uranus dan Neptunus terlalu jauh dari Matahari sehingga kenampakannya terlalu redup.

Pada momen konjungsi yang membuat Bulan-Venus-Jupiter segaris lurus ini, kita dapat melihat kedua planet dengan mata telanjang. Walau begitu, diperlukan teleskop untuk bisa melihat planet-planet ini lebih jelas. Dalam padangan mata, Venus dan Jupiter hanya akan tampak bagaikan bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip.

Peristiwa langit ini bisa diamati di seluruh Indonesia.