Mendengarkan Suara Angin di Planet Mars

Wahana antariksa InSight di Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Pada tanggal 1 Desember 2018 silam, wahana antariksa InSight milik NASA yang sukses mendarat di Mars pada 26 November 2018 mengirimkan hasil rekaman suara angin pertama di planet Mars. Hemm, seperti apa, ya?

Suara angin tersebut ditangkap oleh sensor bernama seismometer. Diperkirakan, angin di Mars bertiup dengan kecepatan 6 sampai 24 kilometer per jam, dari barat laut ke tenggara.

Wahana antariksa InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) sendiri bukanlah sebuah robot penjelajah seperti halnya Curiosity, melainkan dirancang untuk tetap berada di satu tempat, meneliti dan mempelajari interior Mars.

Bagaimana cara InSight menangkap suara angin di Mars? Setidaknya, ada dua sensor yang digunakan. Sensor tersebut terdiri dari sensor udara di dalam badan wahana antariksa InSight dan seismometer yang terletak di bagian deknya.

Kedua sensor tersebut mendeteksi suara angin dengan cara yang berbeda. Sensor tekanan udara, bagian dari Auxiliary Payload Sensor Subsystem, mengumpulkan data meteorologi secara langsung. Sementara itu, seismometer merekam getaran yang disebabkan oleh angin yang bergerak di atas panel surya milik InSight.

Untuk yang seismometer, instrumen ilmiah yang satu ini memang sangat sensitif. InSight dilengkapi seismometer untuk "mendengarkan" getaran apapun yang terjadi di Mars, mulai dari suara angin, gempa, hingga ketika ada meteor jatuh di planet tetangga Bumi kita tersebut.

Nah, seperti apa sih suara angin di Mars? Gas langsung tonton videonya:
BERIKAN KOMENTAR ()