Supernova Baru Ditemukan di Rasi Bintang Cetus

Supernova di galaksi M77. Kredit: Koichi Itagaki
Info Astronomy - Sebuah supernova baru yang terjadi pada galaksi M77 di arah rasi bintang Cetus berhasil ditemukan. Inilah cara menemukannya.

Ditemukan sejak 24 November 2018 melalui Survei DLT40, kala itu supernova ini muncul dengan magnitudo +15. Ia teramati terletak di M77, sebuah galaksi spiral yang terang di arah rasi bintang Cetus yang terletak 50 detik busur di sebelah tenggara bintang bermagnitudo +4, Delta Ceti.

Saat ini, supernova tersebut teramati semakin terang. Dengan magnitudo visual yang kini mencapai +9,6, supernova di M77 cukup mudah ditemukan bila kamu mengamatinya melalui teleskop dengan diameter minimal 3 inci.

Dikatalogkan sebagai 2018 ivc, data spektroskopi mengungkapkan bahwa supernova ini termasuk dalam jenis supernova Tipe II, menyiratkan bahwa ia bisa lebih terang lagi. Walau begitu, sulit untuk memprediksi seberapa terangnya ia.
Letak M77 bersama supernovanya. Kredit: Skyandtelescope.com
2018 ivc merupakan supernova pertama yang pernah ditemukan di galaksi M77. Meskipun terlihat seperti bintang kecil dalam pandangan teleskop, kenyataannya adalah kita menyaksikan keruntuhan dan ledakan bintang super raksasa.

Ketika kamu sedang membaca artikel ini, puing-puing dari ledakan supernova tersebut meluas ke segala arah dalam kecepatan yang diperkirakan mencapai 13.500 kilometer per detik, atau sedikit lebih besar dari satu diameter Bumi per detik!

Ledakan supernova tersebut meluluhlantakan sang bintang, melontarkan unsur-unsur kompleks yang selama ini ditempa dalam inti bintang, dan sekarang dilepaskan ke ruang angkasa untuk menjadi benih pembentukan bintang generasi masa depan.
M77 dan ilustrasi letak 2018 ivc. Kredit: A. van der Hoeven
Galaksi M77 senditi terletak pada jarak sekitar 47 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dengan begitu, setelah 47 juta tahun perjalanan, cahaya dari supernova tersebut akhirnya tiba di mata kita sehingga kita bisa melihatnya.

Berencana untuk menemukannya? Mulailah mencari bintang Menkar (magnitudo +2,5), bintang paling terang kedua di rasi bintang Cetus, lalu geser pandangan sejauh sekitar 2° ke barat daya menuju bintang Delta Ceti. Di dekat bintang ini, bila kamu mengamatinya dengan teleskop, kamu akan menemukan adanya galaksi M77.

Untuk mendapatkan pandangan supernova 2018 ivc terbaik, disarankan menggunakan teleskop dengan magnifikasi 200x atau lebih tinggi lagi. Pastikan juga langit sedang cerah karena bila berawan maka kamu hanya akan melihat awan dalam pandangan teleskop.

Secara kebetulan, komet terang 46P/Wirtanen akan berada sejauh 7° di arah tenggara galaksi M77 pada malam 8 dan 9 Desember 2018 nanti. Dengan begitu, kamu bisa mencoba menemukan galaksi, supernova, dan komet secara sekaligus!

Kunjungi halaman Supernovae dan klik tautan 2018 ivc untuk mendapatkan pembaruan informasi mengenai supernova ini. Belum punya teleskop? Kamu bisa membelinya di InfoAstronomy Store.

Selamat berburu supernova~
BERIKAN KOMENTAR ()