Stargazing: Peristiwa Langit Tahun 2019 dalam Sebuah Buku

Buku Stargazing. Kredit: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Tahun 2019 tinggal beberapa pekan lagi. Di tahun 2018 ini, kita telah banyak menyaksikan peristiwa langit seperti gerhana, hujan meteor, atau konjungsi planet-planet. Lalu, ada peristiwa langit menarik apa di tahun 2019?

Jawabannya: Ada banyak!

Saking banyaknya, InfoAstronomy.org telah menjabarkannya secara lengkap dalam sebuah buku, Stargazing. Buku ini diterbitkan sebagai panduan para pengamat langit malam untuk mengamati peristiwa-peristiwa langit di tahun 2019 mendatang.

Apa itu Stargazing?
Stargazing sendiri merupakan kegiatan mengamati bintang, star gaze. Tapi tentu artiannya tidak hanya itu saja, stargazing merupakan kegiatan mengamati apa saja yang ada di langit. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh para astronom amatir, seorang pengamat langit malam.

Peristiwa-peristiwa langit, untungnya, dapat diprediksi. Bahkan beberapa di antaranya merupakan peristiwa periodik, yakni yang selalu berulang terjadi setiap tahunnya, seperti peristiwa hujan meteor. Setiap tahun, hujan meteor selalu terjadi di tanggal yang itu-itu saja.

Sayangnya, di Indonesia tidak banyak buku yang menjelaskan secara detail mengenai peristiwa langit yang akan terjadi. Kami pun berinisiatif untuk menulis buku tersebut dan kali ini telah menerbitkannya agar bisa dibaca para astronom amatir.

Apa isi buku ini?
Seperti yang telah disinggung di atas, buku Stargazing berisi panduan pengamatan langit malam sepanjang tahun 2019. Di buku ini, setiap peristiwa langit dijelaskan dengan lebih mendalam, termasuk dijelaskan juga bagaimana cara memotretnya, seperti memotret gerhana, memotret bentangan galaksi Bimasakti, dan lain-lain.

Omong-omong tentang Bimasakti, di buku ini juga dijabarkan secara lengkap mengenai kapan waktu dan di mana lokasi ideal untuk mengamati bentangan galaksi Bimasakti dengan mata telanjang. Memang banyak yang sudah menjelaskan ini di internet, tapi kami mencoba menjelaskannya lagi lebih dalam.

Dan tahukah kamu kalau Indonesia kebagian gerhana Matahari cincin pada tahun 2019? Atau tahukah kamu ada begitu banyak peristiwa okultasi (peristiwa mirip gerhana tapi Bulan menutupi planet, bukan Matahari) pada tahun depan?

Selain menjelaskan peristiwa-peristiwa langit, di setiap bahasan dalam buku ini juga ada pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai astronomi. Dijamin wawasanmu akan bertambah, walaupun tidak banyak, dengan membaca buku ini.

Tertarik untuk membacanya?

Buku Stargazing hanya dijual secara online melalui InfoAstronomy Store.

Klik di sini untuk membelinya.