Temukan Saturnus di Dekat Bulan Malam Ini, 15 Oktober 2018

Bulan dan Saturnus. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Di depan rasi bintang Sagitarius, Bulan dan planet Saturnus akan tampak berdekatan dalam pandangan dari Bumi. Dalam astronomi, peristiwa ini dikenal sebagai konjungsi. Bagaimana cara mengamatinya?

Mudah saja, cukup temukan Bulan terlebih dahulu. Malam ini, Bulan akan memasuki fase sabit dengan iluminasi sekitar 38%. Pada fase itu, Bulan akan berada setinggi 50 derajat dari cakrawala timur pukul 19:00 waktu setempat daerahmu malam ini (15/10).

Lalu, di mana Saturnus? Sang planet bercincin itu akan berada sejauh 1° di arah timur Bulan. Dalam pandangan mata, Saturnus hanya akan muncul bagaikan bintang terang dengan warna kekuningan saja, cahayanya tidak berkelap-kelip layaknya bintang sehingga kamu mungkin akan lebih mudah menemukannya.

Perlu teleskop agar kamu bisa melihat Saturnus lebih jelas lengkap dengan cincinnya. Teleskop seperti apa yang cocok? Minimal, memiliki magnifikasi 75x. Dengan magnifikasi itu, Saturnus dan cincinnya sudah bisa terlihat walaupun kecil. Mau beli teleskop? Kami menyediakannya di InfoAstronomy Store.

Baik Bulan maupun Saturnus, keduanya bisa teramati dari Bumi bukan karena mereka memancarkan cahayanya sendiri, melainkan karena disinari oleh Matahari. Pada dasarnya, kita sedang melihat area siang hari pada Bulan dan Saturnus nanti malam.

Keduanya bisa diamati di Indonesia hingga 5 jam setelah Matahari terbenam, tepatnya hingga pukul 22:45 malam waktu setempat daerahmu, ketika mereka akhirnya terbenam di ufuk barat. Magnitudo Bulan akan mencapai -11,4 dan planet Saturnus mencapai magnitudo 0,3.

Selamat observasi!
BERIKAN KOMENTAR ()