Menanti Venus Muncul di Langit Timur pada Dini Hari

Planet Venus. Kredit: Sandi Astina Putra
Info Astronomy - Pada 26 Oktober 2018 kemarin, planet Venus baru saja mengalami apa yang disebut sebagai konjungsi inferior, ketika orbitnya membawa Venus lewat di antara Matahari dan Bumi, membuatnya tidak terlihat karena silau Matahari.

Sebelum konjungsi inferior itu, Venus muncul sebagai bintang senja. Sejak Maret 2018, kita telah menyaksikan Venus di langit barat saat setelah Matahari terbenam. Tapi, karena konjungsi inferior ini, kenampakan Venus di barat berakhir sudah.

Jangan bersedih, konjungsi inferior adalah momen di mana Venus akan "berpindah". Dari yang tadinya muncul di langit barat saat senja, menjadi muncul di langit timur saat sebelum Matahari terbit, atau dini hari.

Lalu, kapan kemunculan Venus ini bisa mulai diamati?

Kita asumsikan dulu bahwa kita ingin mengamati planet Venus di langit timur mulai pukul 04.00 dini hari. Nah, waktu yang tepat untuk mengamatinya adalah mulai tanggal 25 November 2018 mendatang. Pada saat itu, Venus sudah berada di atas 10 derajat dari cakrawala timur pada pukul 04.00 dini hari.
Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Setelah tanggal 25 November 2018 itu, posisi Venus akan semakin meninggi dari cakrawala timur (karena menjauh dari posisi Matahari) dari hari ke hari. Membuatnya semakin jelas terlihat di langit timur sebelum Matahari terbit.

Puncaknya adalah pada 6 Januari 2019, ketika Venus mencapai titik elongasi barat terjauhnya dari Matahari. Pada tanggal ini, posisi planet Venus di langit Bumi akan berada sejauh 46° dari posisi Matahari, saat yang tepat untuk mengamatinya lebih lama.

Di momen elongasi barat terjauh itu, Venus akan terbit pada pukul 02:29 waktu lokal daerahmu, atau sekitar 3 jam 15 menit sebelum Matahari terbit. Sang planet kedua di tata surya kita ini lalu akan mencapai ketinggian 41° dari cakrawala timur pukul 05:29 waktu lokal daerahmu.

Mengapa Kita Bisa Melihat Venus?
Venus bisa dilihat dari Bumi. Pertama, karena ia disinari oleh Matahari. Sama seperti bagaimana kita bisa melihat Bulan. Benda-benda langit selain bintang tidak ada yang memancarkan cahaya sendiri, cahaya-cahaya dari planet atau Bulan yang kita amati adalah pantulan sinar Matahari yang mereka terima.

Dengan kata lain, kita sedang melihat sisi siang hari mereka. Sisi yang disinari oleh Matahari. Sementara sisi malamnya, tidak akan teramati dari Bumi.

Venus juga merupakan planet dalam, yakni planet yang mengelilingi Matahari di dalam orbit Bumi. Dengan begitu, kita hanya bisa melihat Venus di langit timur saat dini hari atau di langit barat saat senja, tidak pernah bisa di tengah malam.

Jadi, selamat menanti kembalinya Venus!
BERIKAN KOMENTAR ()