Ikuti Malam Observasi Bulan Internasional 2018

Pengamatan Bulan. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Catat tanggalnya, 20 Oktober 2018 ini, seluruh dunia akan merayakan Malam Observasi Bulan Internasional. Apa itu dan bagaimana cara berpartisipasinya?

Malam Observasi Bulan Internasional, atau InOMN (International Observe the Moon Night) merupakan sebuah agenda tahunan yang digalang oleh misi Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA untuk mendorong adanya kegiatan observasi, apresiasi, dan pemahaman kita mengenai Bulan.

Seluruh penduduk Bumi diundang untuk bergabung dalam perayaan ini dengan menjadi tuan rumah untuk mengadakan acara di kota atau daerahnya atau menghadiri acara InOMN yang diadakan klub-klub atau komunitas astronomi di sekitarnya.

Menurut sejarahnya, InOMN pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, dan biasanya ada lebih dari 500 acara pengamatan Bulan setiap tahun di lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia, yang diselenggarakan oleh universitas, observatorium, sekolah, museum, taman, perpustakaan, dan klub astronom amatir.

Acara-acara tersebut biasanya mulai dari hanya mengamati Bulan lewat teleskop, seminar, hingga tur astronomi ke daerah-daerah wisata untuk belajar lebih jauh mengenai Bulan. Diharapkan, dengan adanya InOMN, masyarakat jadi bisa lebih terbuka wawasannya mengenai Bulan dan bisa ikut menyaksikan keindahan Bulan lebih khidmat.

Setiap tahunnya, InOMN diselenggarakan pada tanggal yang berbeda. Untuk tahun 2018 ini, InOMN akan diselenggarakan serentak di seluruh dunia pada Sabtu, 20 Oktober. Sementara untuk tahun depan, InOMN akan diadakan pada 9 Oktober 2019.

Tanggal-tanggal pada Oktober ini dipilih bukan tanpa alasan. Untuk menetapkan tanggal perayaan InOMN setiap tahunnya, ada beberapa syarat yang telah ditetapkan. Pertama, perayaan InOMN harus dilakukan pada hari Sabtu malam Minggu dan bertepatan dengan fase perbani awal di bulan September, Oktober, atau November.

Pada 20 Oktober 2018 nanti, Bulan memang sudah melewati fase perbani awal, namun tanggal inilah yang paling dekat dengan fase tersebut, mengingat syaratnya adalah pengamatan dilakukan pada hari Sabtu malam Minggu tadi.

Jadi, sudah siap untuk berpartisipasi dalam perayaan InOMN tahun ini?

Klik di sini bila kamu ingin mengadakan acara InOMN di daerah atau kotamu.

Atau, klik di sini bila kamu ingin ikut acara InOMN di sekitarmu.
BERIKAN KOMENTAR ()