SpaceX Segera Terbangkan Manusia ke Bulan

Ilustrasi. Kredit: SpaceX
Info Astronomy - Roket raksasa milik SpaceX telah dijadwalkan untuk melakukan misi berawak ke Bulan dalam waktu dekat. Seperti apa nantinya misi ini?

Menurut twit yang dipublikasikan SpaceX melalui akun Twitter resminya, "penumpang pribadi" telah mendaftar untuk melakukan perjalanan mengelilingi Bulan dengan roket BFR milik SpaceX. Pendiri sekaligus CEO SpaceX, Elon Musk, berencana untuk menjelaskan rinciannya pada Selasa (18 September 2018) mendatang.

Walau begitu, Musk sendiri sudah memberi kita petunjuk tentang identitas sang penumpang pribadi itu. Kode ini terungkap ketika seorang pengguna Twitter bertanya pada Musk apakah dia adalah penumpangnya, namun jawabannya hanya emoji bendera Jepang. Hemm~

"Baru 24 manusia yang pernah ke Bulan dalam sejarah," tulis SpaceX pada twitnya. "Tidak ada yang mengunjungi (Bulan) lagi sejak misi Apollo terakhir pada tahun 1972." Misi Apollo terakhir ke Bulan adalah Apollo 17, yang mengirim astronot Gene Cernan, Harrison Schmitt, dan Ron Evans ke Bulan pada bulan Desember 1972. Cernan dan Schmitt menginjakkan kaki di Bulan, sementara Evans tetap di orbit.

SpaceX mengumumkan pada bulan Februari 2017 bahwa ada dua orang yang telah mendaftar untuk perjalanan selama seminggu mengelilingi Bulan. Pengumuman itu juga mengatakan bahwa misi mengelilingi Bulan akan dilakukan sebelum akhir 2018.

Misi itu akan menggunakan kapsul antariksa Dragon dan roket BFR, yang keduanya milik SpaceX. Seandainya rencana misi ini lancar, maka manusia akhirnya kembali ke Bulan, walau pun tidak mendarat.

BFR sendiri, yang merupakan kependekan dari "Big Falcon Rocket" (atau versi NSFW-nya "Big F***ing Rocket), sejauh ini masih dalam pengembangan. BFR akan terdiri dari roket paling kuat yang pernah dibangun di dunia, serta dilengkapi pesawat antariksa yang mampu membawa 100 atau lebih penumpang dalam satu perjalanan pergi dan pulang.

Misi utama BFR sebenarnya adalah untuk misi berawak ke planet Mars. Roket yang dibangun sejak tahun 2002 itu kemungkinan akan uji coba untuk mengelilingi Bulan.

Di masa depan nanti, SpaceX bahkan mengharapkan BFR dapat juga melakukan peluncuran satelit, membersihkan sampah antariksa, membawa manusia dalam perjalanan supercepat di Bumi, dan tentu saja membantu spesies kita menyebar ke Bulan, Mars, dan seluruh tata surya.

Penasaran mengenai misi ke Bulan SpaceX? Kamu bisa menonton siaran langsung dari SpaceX di https://spacex.com/webcast pada Selasa (18/9) pukul 08:00 WIB.
BERIKAN KOMENTAR ()