Menanti Jarak Terdekat Planet Neptunus dengan Bumi

Ilustrasi. Kredit: Riza/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Pada 6 September 2018, Neptunus, planet kedelapan dari Matahari, akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi. Dua hari setelahnya, 8 September 2018, Matahari-Bumi-Neptunus akan berada sejajar di bidang tata surya dalam peristiwa oposisi.

Bukan, Neptunus bukan berada di pihak oposisi pemerintahan tata surya dan ikut dalam gerakan bertagar #2019GantiMatahari. Peristiwa oposisi dalam astronomi adalah hal yang berbeda. Saat di titik oposisi, sebuah planet akan berada sejauh 180 derajat posisinya di langit Bumi terhadap Matahari. Dengan kata lain, saat Matahari terbenam, sang planet baru terbit.

Tapi, walaupun dikatakan berada pada jarak terdekat, dekat di sini adalah dalam skala kosmis. Neptunus, bagaimana pun, masih berada di pinggiran tata surya kita, terletak 29 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari kita.

Bila planet-planet lain seperti Jupiter atau Saturnus mencapai oposisi, mereka akan muncul sangat terang. Tapi, Neptunus berbeda. Berada jauh dari Maahari, walaupun berada di titik oposisi, kenampakan Neptunus masih terlalu redup (magnitudo +7,8). Sehingga butuh kondisi langit yang gelap dan cerah untuk mengamatinya.
Neptunus di oposisi. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Faktanya, Neptunus adalah satu-satunya planet utama di tata surya kita yang benar-benar tidak terlihat oleh mata telanjang. Kenampakan planet ini sekitar lima kali lebih redup daripada bintang yang paling redup yang dapat kamu lihat di langit malam yang gelap.

Dengan begitu, kamu perlu teleskop untuk bisa melihat planet ini, yang nantinya saat oposisi berada di depan rasi bintang Akuarius. Namun, bahkan saat diamati dengan teleksop, planet ini hanya akan terlihat seperti bintang biru yang redup.

Belum punya teleskop? Kamu bisa membelinya di InfoAstronomy Store.

Bila sudah punya teleksop, inilah saatnya berburu Neptunus! Secara astronomis, oposisi Neptunus terjadi pada 8 September 2018 pukul 01:13 WIB. Tapi, Neptunus sudah bisa diamati mulai malam hari pukul 19:13 hingga dini hari 04:25 waktu setempat daerahmu.

Tepatnya, planet Neptunus bisa mulai diamati pukul 19:13 waktu setempat, ketika ia berada pada ketinggian 20° di atas cakrawala timur. Neptunus kemudian mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 23:47 waktu setempat, yakni 89° di atas cakrawala tenggara. Dan pada akhirnya akan tak teramati lagi pukul 04:25 waktu setempat ketika ia berada lebih rendah dari 22° di atas ufuk barat.

Pada saat oposisi ini, Neptunus akan terletak pada jarak 28,93 AU dari Bumi, di mana 1 AU setara dengan jarak 150 juta kilometer. Hal itu akan membuat Neptunus muncul dengan diameter sudut selebar 2,4 detik busur.

Penasaran dengan peristiwa ini? Mari menanti oposisi Neptunus!