Lengan Orion, Letak Tata Surya Kita di Galaksi Bimasakti

Lengan Orion. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Kita hidup di pulau bintang yang disebut galaksi Bimasakti. Termasuk dalam jenis galaksi spiral batang, itu berarti galaksi Bimasakti hanya memiliki dua lengan spiral utama. Lalu, tahukah kamu di mana letak Matahari dan tata surya berada dalam galaksi ini?

Galaksi kita diketahui berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya. Sementara itu, Bumi dan seluruh anggota tata surya diketahui berada pada jarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Ya, pusat galaksi bukanlah Matahari, kita rupanya hanya berada di salah satu lengan spiral galaksi Bimasakti.

Lebih tepatnya, kita tidak berada di salah satu dari dua lengan spiral utama Bimasakti. Sebaliknya, kita berada di lengan kecil galaksi. Lengan spiral lokal yang dikenal sebagai Lengan Orion, atau disebut juga sebagai Jalur Orion (Orion Spur).

Di mata letak Lengan Orion itu pada galaksi Bimasakti? Mungkin akan lebih mudah dimengerti dengan gambar di bawah ini:
Letak Matahari di Lengan Orion. Kredit: Wikimedia Commons
Lengan Orion memiliki lebar sekitar 3.500 tahun cahaya, dengan panjangnya sekitar 10.000 tahun cahaya. Matahari kita, Bumi, dan semua planet lain di tata surya kita berada di dalam Lengan Orion ini. Tepatnya, kita berada di dekat tepi bagian dalam lengan spiral lokal tersebut.

Selain dikenal sebagai Jalur Orion, lengan lokal kita ini juga dikenal sebagai Lengan Orion-Cygnus. Nama Lengan Orion sendiri diambil dari nama rasi bintang Orion, yang merupakan salah satu rasi bintang paling menonjol pada musim dingin di belahan Bumi utara (musim panas di belahan Bumi selatan).

Beberapa bintang paling terang dan objek langit paling terkenal dari rasi bintang Orion, seperti bintang Betelgeuse, Rigel, bintang-bintang Sabuk Orion, sampai Nebula Orion, merupakan tetangga-tetangga Matahari kita. Mereka semua terletak di dalam Lengan Orion. Itulah sebabnya kita bisa menemukan dan melihat begitu banyak objek terang dalam rasi bintang Orion, karena mereka dekat.
Tetangga-tetangga Matahari di Lengan Orion. Kredit: Wikimedia Commons
Selain Lengan Orion, galaksi Bimasakti kita memiliki banyak lengan spiral kecil lainnya yang melingkar keluar dari pusat galaksi. Lengan-lengan tersebut di antara lain adalah Lengan Norma, Lengan Scutum-Crux, Lengan Sagitarius, Lengan Perseus, dan Lengan Cygnus.

Berada di Lengan Orion, Matahari bersama seluruh planet dan benda-benda kecil di tata surya kita memerlukan waktu sekitar 226 juta tahun untuk sekali mengitari pusat galaksi, dari satu titik ke titik awal tersebut. Kecepatan Matahari mengitari Bimasakti adalah sekitar 220 kilometer per detik.

Sampai artikel ini dirilis, Matahari telah mengorbit pusat Bimasakti kira-kira 50 kali sejak pembentukannya. Jadi, jangan salah paham lagi menyatakan bahwa Matahari dan tata surya ada di pusat Bimasakti. Kita hanyalah satu dari sekian banyak tata surya di galaksi Bimasakti yang luas ini.